Jakarta (ANTARA News) - Barcelona adalah salah satu tim terkuat di dunia, hal tersebut terbukti oleh banyaknya gelar yang telah raih dan musim ini klub Katalunya itu masih berpeluang besar untuk memenangkan treble.

Meski target pelatih Ernesto Valverde dan timnya adalah untuk memenangkan La Liga Santander, Liga Champions dan Copa del Rey, presiden klub Josep Maria Bartomeu mulai fokus untuk membangun masa depan klub.

Selama bertahun-tahun, tim utama dipenuhi pemain bintang dengan tingkat kedewasaan dan kualitas yang tinggi dengan tujuan untuk memberikan prestasi terbaik, tetapi belakangan sulit bagi pemain-pemain baru menjadi pilihan utama. Namun, beberapa pemain seperti Arthur, Nelson Semedo dan Ousmane Dembele berhasil melakukannya. 

Saat ini kebijakan transfer yang dilakukan oleh Barcelona lebih berfokus pada masa depan klub dibandingkan masa kini. Tim pencari bakat klub juara Eropa lima kali tersebut cenderung mengincar pemain muda yang dapat menggantikkan pemain lebih tua nantinya.

Periode jabatan Bartomeu hanya tersisa dua tahun lagi dan ia berharap dapat menyelesaikan peremajaan skuat Barcelona sebelum mengundurkan diri. Beberapa pemain baru dapat mengambil alih peran para pemain senior, meskipun ada pemain yang tidak tergantikan.

Berikut adalah rencana peremajaan skuat Barcelona yang dilansir dari Marca.com:
Lionel Messi, tidak tergantikan.
Ada satu pemain yang tidak mungkin mendapat penggantinya oleh Barcelona. Maka dari itu klub Spanyol tersebut berniat untuk memperpanjang kontrak Messi.

Gerard Pique dan Matthijs De Ligt.
Bek tengah Katalunya tersebut sudah bermain 2.880 menit tahun ini untuk klubnya dan masih tetap diandalkan di banyak laga, tetapi ia sudah berusia 32 tahun. De Ligt memiliki potensi untuk menjadi salah satu bek tengah hebat di generasi berikutnya dan masih berusia 19, pemain Ajax itu digadang-gadang dapat menjadi pengganti Pique yang pas.

Thomas Vermaelen dan Jean-Clair Todibo.
Bek asal Belgia berusia 33 tahun dan kariernya di Barcelona selalu terganggu oleh cedera sehingga kepergiannya diprediksiakan segera tiba. Sedangkan Todibo sudah berhasil didatangkan Barcelona, bek jangkung berusia 19 tahun menandatangani kontrak hingga 2023.

Baca juga: Barcelona resmi dapatkan Todibo dari Toulouse

Jordi Alba dan Ferland Mendy.
Saat ini, Jordi Alba tidak memiliki pengganti di tim utama dan masih dalam periode keemasannya pada usia 29 tahun. Namun, hingga kini ia belum mendapat kontrak baru sedangkan kontraknya saat ini akan habis 2020. Pemain Olympique Lyon, Mendy telah menjadi incaran klub-klub besar lainnya termasuk PSG dan pada usia 24, ia memiliki potensi besar.

Baca juga: Alba ungkapkan masa depannya belum jelas di Barcelona

Sergio Roberto untuk Emerson atau Moussa Wague.
Saat ini Barcelona sudah memiliki Nelson Semedo sebagai pengganti, tetapi mereka ingin pemain lain sebagai pelapis bila diperlukan. Bek kanan Brasil, Emerson sudah berhasil mereka amankan dari Atletico Mineiro dan bisa mempromosikan Wague dari Barcelona B.

Ivan Rakitic dan Sergio Busquets untuk Frenkie De Jong dan Adrien Rabiot.
Kedua pemain Barcelona saat ini berusia 30 tahun dan masa depan gelandang Kroasia itu masih belum jelas. Bartomeu bergegas dan mampu merampungkan kesepakatan Frankie De Jong. Sedangkan gelandang PSG Rabiot (23), masih dipertimbangkan.

Baca juga: Barcelona dan Ajax dikabarkan sudah sepakat soal De Jong

Luis Suarez dan Luka Jovic.
Penyerang Uruguay itu kini sudah berusia 31 tahun dan alaminya, klub sudah harus mencari pengganti. Pemain asal Serbia berusia 21 tahun, Jovic adalah salah satu pemain yang dipertimbangkan mengisi posisi Suarez kelak.

Pewarta: Hendri Sukma Indrawan
Editor: Irwan Suhirwandi
Copyright © ANTARA 2019