Jakarta (ANTARA News) - Mantan Menteri Perdagangan Muhammad Lutfi yang hadir mewakili Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma'ruf memaparkan capaian kinerja era Pemerintahan Jokowi saat diundang oleh The United States - Indonesia Society (USINDO) pada "Special Open Forum Luncheon Series on Indonesia’s 2019 Presidential Election: The Candidates’ Coalitions Present Their Views" di Washington DC, Amerika Serikat, Rabu waktu setempat.

M. Lutfi memulai pemaparannya dengan mengajak hadirin untuk melihat Indonesia di 2045 berdasarkan mega trend global. Di umur 100 tahun nanti, Indonesia diprediksi menjadi negara terbesar ke empat di dunia. M. Lutfi membeberkan data dan fakta pencapaian kinerja Presiden Joko Widodo yang mendukung penuh tercapainya Indonesia maju dalam acara yang digelar selama dua jam tersebut, demikian keterangan pers TKN yang diterima Antara, Kamis.

Tak hanya sukses membangun infrastruktur di Indonesia, Presiden Jokowi juga turut membangun manusia Indonesia. Fakta ini nampak dari tingginya jumlah anak Indonesia penerima penghargaan Olimpiade Fisika International, dimana Indonesia berada di urutan ke tiga se-Asia Tenggara.

Ketika membahas profil skenario ekonomi Indonesia ke depan, M Lutfi memukau audiens dengan data-data detail untuk mengeluarkan Indonesia dari apa yang disebut ‘jebakan pendapatan menengah’. 

"Mantan Menteri Perdagangan ini menyenangkan dan tulus, terutama ketika dia meyakinkan audiens yang besar ini bahwa kekuatan Indonesia terletak dalam keragamannya, dan bahwa dengan Jokowi sebagai presiden, Indonesia bisa terus menjadi negara yang moderat," ujar Professor Jane Steele, Direktur Institute for Public Diplomacy & Global Communication, The George Washington University memberikan komentarnya. 

Pertemuan yang dikemas dalam makan siang ini dihadiri sejumlah mantan Duta Besar Amerika Serikat untuk Indonesia, diplomat, pimpinan perusahaan, juga akademisi yang memiliki perhatian khusus terhadap Indonesia. 

Kehadiran M Lutfi dengan fakta-fakta juga menuai respon positif dari WNI yang hadir. "Bagus. Slide presentasi dan angka-angka itu benar-benar menunjukkan kalau TKN memperhatikan fakta lapangan dan bukan sekedar insting atau perasaan," ujar Dira Hanifa, mahasiswi Indonesia di Washington DC. 

Kehadiran M Lutfi dalam acara USINDO ini menjadi salah satu agenda kunjungan TKN ke Amerika Serikat sejak minggu lalu. M Lutfi hadir bersama aktris Christine Hakim dan Wakil Direktur Penggalangan Pemilih Perempuan TKN KIK Lathifa Al Ansh.

Pilpres 2019 diikuti dua pasangan capres, yaitu nomor urut 01 Jokowi-Ma'ruf Amin dan nomor urut 02 Prabowo Subianto-Sandiaga Uno.

Baca juga: Mantan Mendag Muhammad Lutfi hadiri deklarasi dukungan Jokowi-Ma'ruf

Pewarta: M Arief Iskandar
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019