London, (ANTARA News) - Pangeran Philip, suami Ratu Inggris Elizabeth II, tidak akan menghadapi tuntutan atas kecelakaan mobil yang terjadi bulan lalu dan melukai dua perempuan serta menyebabkan Land Rover miliknya terbalik.

Duke of Edinburgh berusia 97 tahun itu, lolos tanpa cedera dalam kecelakaan pada 17 Januari, saat mobilnya bertabrakan dengan sebuah mobil yang tengah melaju di dekat kediaman kerajaan Sandringham di Inggris timur.

Pengemudi lainnya adalah perempuan berusia 28 tahun, mengalami cedera di bagian lutut. Seorang penumpangnya yang juga perempuan berusia 45 tahun juga membawa bayi berusia sembilan bulan di dalam mobil tersebut, mengalami patah pergelangan tangan, Reuters mengabarkan.

Insiden tersebut memicu perdebatan di Inggris soal apakah pangeran Philip masih boleh mengendarai mobil pada usia senjanya. Dia menerima peringatan dari kepolisian lantaran berkendara tanpa sabuk pengaman hanya dua hari berselang setelah kecelakaaan tersebut. Sebelumnya bulan ini pangeran dengan sukarela menyerahkan SIM miliknya.

"Kami memperhitungakn semua keadaan dalam kasus ini, temasuk tingkat kesalahan, usia pengemudi dan penyerahan SIM," kata Crown Prosecution Service dalam satu pernyataan, Kamis.

"Kami memutuskan bahwa kasus ini tidak akan menjadi kepentingan umum untuk menuntut."

Philip pensiun dari kehidupan publik pada 2017, akan tetapi masih kerap terlihat bersama istrinya yang berusia 92 tahun di sejumlah acara resmi.

Di Inggris tidak ada usia legal untuk berhenti mengendarai kendaraan, namun para pengemudi yang berusia diatas 70 tahun harus memperbaharui SIM mereka setiap tiga tahun sekali.

Pada 2016, Philip pernah mengendarai mobil untuk Presiden AS pada waktu itu, Barack Obama beserta istri Michelle Obama untuk mengantarkan mereka makan siang di Windsor Castle saat kunjungan negara ke Inggris.

Hal tersebut memancing Obama untuk berkomentar: "Saya harus katakan bahwa saya belum pernah disopiri oleh Duke of Edinburgh sebelumnya, tetapi saya bisa melaporkan bahwa pangeran Philip membawa mobil dengan sangat mulus."

Penyunting: Asri Mayang Sari
 
Baca juga: Alasan keluarga kerajaan Inggris jarang pakai sabuk pengamanBaca juga: Alasan keluarga kerajaan Inggris jarang pakai sabuk pengaman
Baca juga: Ratu Elizabeth menyetir tanpa sabuk pengaman sehari setelah suaminya kecelakaan
Baca juga: Suami Ratu Elizabeth pensiun dari tugas kerajaan
Baca juga: Alasan keluarga kerajaan Inggris jarang pakai sabuk pengaman

Pewarta: Antara
Editor: Maria D Andriana
Copyright © ANTARA 2019