Perekrutan ini legal dan sesuai dengan regulasi yang ada
Padang (ANTARA News) - Manajemen Semen Padang membantah perekrutan gelandang asal Argentina Mario Barcia bermasalah karena direkrut dari tim yang berlaga di Federasi Sepak Bola Osenia (OFC), yang tidak tercantum dalam regulasi perekrutan pemain yang dibuat PSSI pada kompetisi musim lalu.

Manajer Semen Padang FC Win Bernadino di Padang, Kamis mengatakan secara regulasi pada musim lalu memang tidak ada regulasi yang mengatur tim Liga 1 merekrut pemain dari zona sepak bola Osenia karena memang tidak ada permintaan dari tim Indonesia untuk merekrut pemain dari Federasi Osenia.

Menurut dia, sebelum merekrut Mario Barcia dari klub Wellington yang berlaga di kompetisi teratas Liga Selamdia Baru, pihaknya telah berkoordinasi dengan PT LIB dan PSSI. Mereka menyarankan kepada manajemen untuk membuat surat permintaan dan telah dipenuhi.

"Kami telah melakukan tindakan sesuai petunjuk PSSI dan PT LIB sehingga perekrutan ini legal dan sesuai dengan regulasi yang ada. Selain itu secara peringkat, kompetisi mereka juga berada di atas kita," katanya.

Sementara untuk regulasi jumlah pemain asing hingga saat ini juga belum dikeluarkan oleh operator liga, yakni PT LIB terutama tentang jumlah pemain asing, namun sejauh ini pihaknya masih berpatokan pada regulasi musim lalu.

"Kami telah mengikat empat pemain asing, dua pemain dari luar Asia, yakni Nildo Juffo dari Brazil dan Mario Barcia dari Argentina. Sementara untuk pemain dari Asia ada Shukurali Pulatov dari Uzbekistan dan satu pemain yang saat ini sedang uji coba dari Estonia Tristan Koskor," katanya

Ia berharap regulasi kompetisi Liga 1 2019 nanti tetap sama dengan musim lalu dan jika ada perubahan tentu pihaknya akan menyesuaikan sesuai regulasi yang ada.

"Biasanya regulasi pemain asing ini tetap sesuai dengan regulasi musim lalu," kata dia.

Sebelumnya Semen Padang FC resmi mengontrak pemain berdarah Argentina Mario Alberto Barcia selama satu tahun ke depan setelah pemain itu?didatangkan dari klub Wellington Liga Selandia Baru sejak awal Februari lalu.

Mario Barcia resmi dikontrak setelah dirinya melakukan uji coba dan tes medis bersama tim, hasilnya masukan dari jajaran pelatih serta manajemen sepakat mengontrak pemain ini.

Mario Barcia berusia 29 tahun itu merupakan pemain dengan posisi gelandang bertahan, dirinya pernah berguru di akademi Newell`s Old Boys dan Independiente junior Argentina yang merupakan tim pencetak pemain ternama dunia.

Pemain ini bergabung dengan Wellington sejak 2015 dan berhasil mempersembahkan empat piala, yakni Selandia Baru Champion pada 2016 dan 2017, Champion League Winner pada 2018 dan ASB Charity Cup Winner pada 2018.

Pewarta: Mario Sofia Nasution
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019