Tren depresiasi tidak hanya melanda rupiah, namun juga mata uang negara-negara lain di kawasan
Jakarta (ANTARA News) - Bank Indonesia (BI) menyebutkan pelemahan nilai tukar rupiah ke kisaran Rp14.126 per dolar AS pada Jumat siang ini lebih karena koreksi teknikal di pasar keuangan dan bukan semata-mata karena pengumuman defisit neraca perdagangan Januari 2019.

"Pelemahan rupiah lebih disebabkan short covering perbankan di tengah melemahnya seluruh mata uang regional hari ini," kata Kepala Departemen Pengelolaan Moneter BI Nanang Hendarsah ketika dihubungi Antara di Jakarta, Jumat.

Short Covering merupakan aktivitas pelaku pasar dengan membeli kembali aset di pasar dengan tujuan untuk melindungi atau meminimalisasi potensi kerugian atas penjualan yang dilakukan sebelumnya karena pergerakan harga.

Hingga Jumat siang pukul 14.00 WIB, rupiah diperdagangkan di Rp14.126 per dolar AS di pasar spot atau melemah 30 poin dari pembukaan Rp14.096 per dolar AS.

Nanang menyebutkan tren depresiasi tidak hanya melanda rupiah, namun juga mata uang negara-negara lain di kawasan.

Sementara, terkait sentimen domestik akibat defisit neraca perdagangan Indonesia periode Januari 2018 yang menembus 1,16 miliar dolar AS, Nanang menganggap hal tersebut bukan menjadi sentimen yang memperlemah rupiah.

Pasalnya, defisit neraca perdagangan yang mencerminkan masih lesunya ekspor itu sudah diperkirakan pelaku pasar, meskipun besaran defist yang timbul memang lebih besar daripada ekspetasi pasar.

"Bukan disebabkan defisit perdagangan 1,16 miliar dolar AS, sedikit lebih tinggi dari ekspetasi pasar yang 917 juta dolar AS," ujar Nanang.

Badan Pusat Statistik (BPS) pada Jumat ini mengumumkan nilai ekspor Indonesia pada Januari 2019 sebesar 13,87 miliar dolar AS atau turun 4,7 persen secara tahunan.

Sementara, nilai impor sebesar 15,03 miliar dolar AS atau turun 1,83 persen secara tahunan. Dengan demikian, neraca perdagangan pada Januari 2019 mengalami defisit 1,16 miliar dolar AS.

Pasar saham juga merespon negatif pengumuman defisit neraca perdagangan itu. IHSG yang pada Jumat pagi dibuka menguat 5,8 poin atau 0,09 persen ke posisi 6.425,81, langsung melemah 29,82 poin (0,46 persen) ke posisi 6.390,2, beberapa saat setelah pengumuman defisit neraca perdagangan.

"Defisit neraca perdagangan lebih tinggi dari konsensus analis," kata analis Binaartha Sekuritas M Nafan Aji.

Baca juga: Januari 2019 neraca perdagangan Indonesia defisit 1,16 miliar dolar
Baca juga: Rupiah diprediksi melemah terbatas pasca-rilis defisit neraca perdagangan RI
 

Pewarta: Indra Arief Pribadi
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019