Jakarta (ANTARA News) - Sejarawan JJ Rizal mengatakan bahwa perkelahian yang kerap terjadi antara pendukung sepak bola Persija dan Persib dikarenakan kurangnya pemahaman mengenai sejarah sepak bola di Indonesia.

"The Jak sama Viking berkelahi itu pasti busung lapar sejarah," ujar JJ Rizal dalam seminar bertajuk "Dari Stadion VIJ Menuju Stadion MH Thamrin", di Gedung Balai Kota, Jakarta,  Jumat.

JJ Rizal yang juga  sebagai Ketua Festival Betawi 125 Tahun MH Thamrin menjelaskan bahwa leluhur klub sepak bola Persija MH Thamrin dan leluhur klub sepak bola Persib Otto Iskandar Dinata pada zaman dahulu justru akrab dan sering mengadakan pertandingan bersama.

"Bahkan mereka pernah bermain dalam tim yang sama," ujar dia.

Sejarawan ini menyayangkan tindakan para pendukung sepak bola Indonesia yang sering melakukan pertikaian karena mendukung tim masing-masing. "Inilah akibat pendukung sepak bola tidak belajar mengenai sejarah," kata Rizal.

Dalam Festival Betawi 125 Tahun MH Thamrin yang diadakan pada hari Sabtu, 16 Februari 2019 di Lapangan VIJ Petojo dari jam 7.00 sampai 16.00 WIB akan menghadirkan  pameran dimana pengunjung bisa melihat langsung bukti-bukti yang menunjukan tidak ada pertikaian dalam sejarah sepak bola Indonesia.

JJ Rizal berharap para pendukung sepakbola tanah air dapat hadir, tidak hanya untuk menonton pertandingan sepakbola pemain lama Persija namun juga mempelajari sejarah sepakbola Indonesia, khususnya juga sejarah tentang MH Thamrin.
Baca juga: Jakpro jamin pembangunan Stadion BMW tidak telantarkan warga Kampung Bayam
Baca juga: Persija alihkan fokus ke Piala Indonesia

Pewarta: Ganet Dirgantara dan Alya Rahma Widyanti
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019