Yogyakarta (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Yogyakarta memastikan seluruh kotak suara yang sudah dirakit dalam kondisi yang laik digunakan.

"Perakitan kotak suara sudah kami selesaikan pada hari Selasa (11/2) dengan total 6.996 buah kotak suara," kata Ketua KPU Kota Yogyakarta Hidayat Widodo di Yogyakarta, Jumat.

Menurut dia, ada 10 kotak suara yang berada dalam kondisi kurang sempurna tetapi masih dinyatakan laik sehingga tetap disimpan di gudang dan akan didistribusikan ke wilayah untuk kebutuhan Pemilu 2019.

Hidayat mengatakan bahwa KPU Kota Yogyakarta masih menunggu tambahan kotak suara sehingga total kotak suara di Kota Yogyakarta untuk kebutuhan Pemilu 2019 mencapai 7.145 buah.

"Begitu tambahan kotak suara datang di gudang, akan langsung dilakukan perakitan. Kami sudah ajukan usulan tambahan kotak suara tersebut sejak 1 bulan lalu," kata Hidayat.

Permohonan tambahan kotak suara tersebut untuk memenuhi ketentuan peraturan, khususnya saat rekapitulasi penghitungan suara di tingkat panitia pemilihan kecamatan (PPK).

Berdasarkan aturan lama, jumlah maksimal kotak suara untuk kebutuhan rekapitulasi di PPK ditetapkan sebanyak 11 kotak. Namun, sesuai dengan aturan baru bertambah menjadi maksimal 27 kotak suara.

"Di Kota Yogyakarta, kami akan gunakan 20 kotak untuk rekapitulasi di PPK sehingga perlu ada tambahan kotak suara," katanya.

Sementara itu, seluruh kotak suara yang sudah selesai dirakit disimpan di gudang dengan pengamanan maksimal, termasuk dari serangan hama hingga air yang berpotensi merusak kotak suara meskipun kotak terbuat dari karton tahan air.

"Tumpukan kotak suara tersebut kami tutup dengan terpal dan petugas di gudang melakukan pengawasan secara terus-menerus. Saya berharap kondisi kotak suara tetap aman dan bagus," katanya.

Untuk kebutuhan logistik lain, khususnya surat suara, kata dia, sampai saat ini belum diterima oleh KPU Kota Yogyakarta.

Baca juga: 30 kotak suara pemilu 2019 di Tasikmalaya rusak

Baca juga: KPU Palangka Raya kekurangan kotak surat suara

Baca juga: KPU Agam temukan 119 kotak suara rusak

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Unggul Tri Ratomo
Copyright © ANTARA 2019