Palembang (ANTARA News) - Masih ingat berbagai kegiatan pesta olahraga berskala internasional yang rutin dilaksanakan di Sumatera Selatan.

SEA Games umpamanya dimana kegiatan olahraga diikuti negara Asia Tenggara tersebut berlangsung sukses sehingga nama Sumsel semakin tersohor dipenjuru Asia Tenggara.

Bukan itu saja beberapa bulan lalu Sumsel juga dipercaya menjadi tuan rumah Asian Games yang diikuti 45 negara.

Masih banyak lagi kegiatan olahraga berskala internasional di provinsi yang terdiri dari 17 kabupaten dan kota itu.

Pekan Olahraga Asia Tenggara, kejuaraan voli pantai tingkat dunia, menembak dan kegiatan olahraga kaliber dunia lainnya juga diselenggarakan di Palembang Sumsel.

Kegiatan olahraga akbar bertahap internasional itu semuanya dilaksanakan di pusat olahraga terpadu Jakabaring Palembang.

Kesemuanya itu sebagai promosi wisata bagi Sumsel terutama untuk memancing tamu luar negeri berkunjung ke kota yang ada Jembatan Ampera tersebut.

Kawasan olahraga yang fasilitas pertandingannya menyatu dan dapat dijangkau dengan berjalan kaki tersebut sekarang ini sudah dijadikan Sport Tourism atau destinasi wisata olahraga.

Menteri Pariwisata saat berkunjung ke Sumsel lalu mengatakan, dengan ditunjuknya Provinsi Sumatera Selatan sebagai sport tourism Indonesia menjadikan Sumsel tidak dapat dikalahkan oleh daerah lain.

Hal ini pula Menpar minta untuk Provinsi Sumsel agar terus fokus pada Sport Tourism karena investasi dibidang olahraga yang ada di Sumsel sudah sangat besar.

Menurut menteri, ditambah lagi Sumsel sukses menjadi tuan rumah kegiatan olahraga Internasioan SEA Games, Asian Games.

Menurut dia, Sport Tourism mengundang value yang sangat tinggi, oleh sebab itu dirinya sangat setuju kalau diadakan kegiatan olahragainternational di Palembang ini.

Kegiatan berskala dunia itu akan menimbulkan dampak sangat signifikan bagi Sumsel terutama dalam meningkatkan kunjungan wisatawan.

"Jadi untuk memopulerkan wisata disini satu saja saya fokus, Sport tourism karena tidak ada yang mengalahkan, unik sekali yang di Sumsel,?Dia mengatakan, semua provinsi di Jawa dan Sumatera tidak ada seperti Sumsel untuk sport tourism.?

Lebih lanjut Menpar mengatakan, apalagi pariwisata akan menjadi penghasil devisa terbesar di Indonesia.

Bahkan, pariwisata Indonesia tumbuh tercepat di dunia dan dampak dari kegiatan pariwisata sangat dirasakan masyarakat.?l

Bukan itu saja tetapi Indonesia masuk peringkat negara terindah ke-6 di dunia sehingga wisata menjadi andalan.

Menurut Menpar, untuk membangun destinasi pariwisata rumusnya ada tiga yakni yakni Atraksi, Aksesibilitas dan Amenitas atau fasilitas penunjang bagi para wisatawan.

Untuk yang pertama, ada Atraksi di Sumatera Selatan yakni ekowisata, budaya, tradisi dan kuliner serta Sport Tourism dan MICE.

Sementara untuk Aksesibilitas di Sumatera Selatan, ada jalur udara Bandara Sultan Mahmud Badaruddin II, jalur laut Pelabuhan Boom Baru serta jalur darat dengan adanya kereta layang ringan atau LRT dan jalan tol.

Begitu juga Amenitas di Sumsel ditunjukkan dengan memadainya akomodasi, fasilitas pariwisata dan kebersihan, ujar dia.

Jadi usai menjadi tuan rumah Asian Games 2018, Sumsel punya beberapa agenda yang masuk Top 100 kalender event pariwisata nasional, di antaranya Ziarah Qubra dan Festival Sriwijaya.

Selain itu masih ada acara-acara lain, seperti Festival Imlek dan Cap Go Meh, Kampung Kapitan Palembang.

Yang jelas, Kementerian Pariwisata menaruh perhatian besar atas potensi wisata yang ada di Jakabaring Sport City (JSC).

Pihaknya bahkan akan segera menunjuk konsultan untuk mendukung perkembangan wisata olaharag di Jakabaring tersebut, ujar menteri.

Menpar melihat keberadaan Jakabaring Sport City yang menjadi salah satu alasan kuat penetapan tempat wisata terlebih lagi sport tourism yang dimiliki hanya ada di Sumatera Selatan.

"Makanya kita akan mendukung bisnis skill yang paling ideal untuk JSC," kata Menpar.

Selain itu penting untuk mencari media partner yang tepat, mengingat kawasan olahraga Jakabaring memiliki luas lebih dari 360 hektar.?

Media partner, dikatakan menteri untuk membranding (JSC) secara maksimal. Kemudian, pihaknya tentunya akan menjalin kerja sama dengan Kementerian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora).

Hal ini supaya nanti kegiatan olahraga nasional dan internasional untuk dilangsungkan di Jakabaring Palembang, ujar menteri.

Wisata itu, dijelaskan Arief terbagi dalam sport event and tourism event. "Sekarang kita langsung jalan. Kita segera tunjuk konsultan khusus," tambahnya.

Sementara Sekda Sumsel Nasrun Umar mengatakan, pihaknyamenyampaikan apresiasi dan mengaku bangga akan kehadiran Menteri Pariwisata dengan segudang prestasi.

Apalagi 2019 pariwisata telah ditetapkan sebagai sektor unggulan RI.

"Kami menyampaikan terimakasih telah menjadikan Provinsi Sumsel sebagai sport tourism yang ada di Indonesia," ujar Sekda.

Pihaknya juga terimakasih karena tangan dingin Menpar di Sumsel telah berdiri Politeknik Pariwisata Negeri Palembang.

Nasrun Umar menilai sangat tepat dialog publik pembangunan manusia dalam rangka peningkatan produktifitas masyarakat berbasis pariwisata lokal.

Dikatakannya, dua frase yang diangkat dari tema adalah untuk meningkatkan produktifitas masyarakat agar termotivasi bahwa pariwisata lokal bisa menjadi harapan kehidupan kedepan.

"Ini menunjukan bahwa provinsi Sumsel siap untuk mensukseskan seluruh program nasional yang berkaitan dengan pariwisata lokal, dalam rangka meningkatkan PAD dan peningkatan pertumbuhan ekonomi Sumsel," katanya.

Lanjut Nasrun Umar, Provinsi sumsel sudah cukup dalam konten budayanya seperti khusus Kota Palembang yang terkenal dengan Dul Muluk kemudian tempat-tempat pertunjukan seni tari Gending Sriwijaya dan sebagainya.?

Sementara Direktur Utama PT Jakabaring Sport City Meina Fatriani Paloh mengatakan, terimakasih atas kunjungan dan perhatian Menteri Pariwisata.

"Kunjungan tersebut tujuannya tidak lain agar JSC ini disahkan menjadi `sport tourism & mice integrated resort area`," jelasnya.

Menurut dia, hal ini menjadi pencerahan bagi JSC untuk terus maju ke depan. "Kita ajak Poltekpar segera MoU buat kalender kegiatan. Seperti kata Menteri, kita segera jalan," tandasnya.

Sebelumya Gubernur Sumsel Herman Deru mengatakan, Palembang sekarang telah memiliki sarana transportasi modern yakni kereta layang ringan atau Light Rail Transit.

Kereta listrik tersebut sekarang telah dijadikan sarana wisata bagi masyarakat di daerah ini karena juga menuju Kawasan Olahraga Jakabaring Palembang.

Transportasi massal itu sangat mendukung Sport Tourism yang sekarang telah dijadikan wisata unggulan Sumsel.

Selain itu pihaknya terus mengajak masyarakat daerah ini untuk memanfaatkan kereta listrik tersebut untuk angkutan sehari-hari bukan hanya hari libur saja, tambah dia.*


Baca juga: Menpar ingin jadikan Jakabaring Sumsel sebagai destinasi wisata olahraga unggulan

Baca juga: KONI Sumsel tunggak sewa, venue Jakabaring Sport City digembok



 

Pewarta: Ujang Idrus
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2019