Phnom Penh (ANTARA News) - Pertemuan antara tim nasional U-22 Vietnam menghadapi Fiilipina bakal menjadi laga pembuka gelaran Piala AFF U-22 di Stadion Nasional Phnom Penh, Kamboja, Minggu sore.

Vietnam memboyong skuat yang sebagian besar dihuni para pemain yang berlaga dalam Piala Asia U-19 2018 lalu, di mana mereka gagal lolos dari fase penyisihan grup dengan koleksi nirpoin dalam tiga pertandingan.

Sejumlah bintang timnas senior yang secara usia masih memenuhi kriteria seperti Nguyen Quang Hai dan Doan Van Hau tak dibawa dalam AFF U-22.

Kendati demikian, Vietnam tetap diperkuat oleh gelandang Bui Tien Dung yang tahun lalu membantu Timnas U-23 mereka menjadi mencapai final Piala Asia U-23 di China.

"Walau skuat kami dihuni pemain muda, saya ingin kami memberikan perlawanan kuat," kata Pelatih Timnas U-22 Vietnam, Nguyen Quoc Tuan, dalam konferensi pers bersama seluruh tim peserta sebagaimana dilansir laman resmi AFF.

Lawan Vietnam, Filipina bakal memanfaatkan AFF U-22 sebagai ajang membentuk tim yang akan diturunkan ketika negara itu menjadi tuan rumah SEA Games 2019 nanti.

Selain mengoptimalkan para pemain dari liga kampus mereka, NCAA, Filipina juga diperkuat dua pemain profesional lokal yakni bek Major Dean Ebarle (Kaya FC Iloilo) dan Dylan De Bruycker (Ceres Negros).

Kemudian tim besutan pelatih Salvador Salvacion itu juga bakal mengoptimalkan bek Jordan Jarvis yang saat ini berkarier di Eastern Sports Club Hong Kong dan Troy Limbo, pemain yang menimba ilmu di klub semiprofesional Inggris Sunderland RCA.

"Kami akan memanfaatkan turnamen ini untuk menyiapkan tim di SEA Games, di mana kami akan menjadi tuan rumah pada pengujung tahun nanti," ujar asisten pelatih Andres Gonzales.

Laga antara Vietnam kontra Filipina berlangsung pada pukul 15.30 waktu setempat (setara WIB), sebelum dilanjutkan dengan pertandingan Thailand melawan Timor Leste di tempat yang sama, Stadion Nasional.

Baca juga: Latihan terakhir Timnas U-22 antisipasi kelebihan-kekurangan Myanmar

Kendati secara resmi AFF U-22 baru pertama kali digelar tahun ini, pada 2005 silam federasi sepak bola Asia Tenggara itu pernah mengadakan turnamen usia muda yang regulasinya kala itu merujuk pada U-23.

Kala itu, Thailand keluar sebagai juara usai mengalahkan Singapura 3-0 di partai final.

Berikut jadwal hari pertama penyisihan Piala AFF U-22

15.30 WIB - Vietnam vs Filipina
18.30 WIB - Thailand vs Timor Leste

Baca juga: Garuda Muda: fokus, fokus, fokus

Baca juga: AFF U-22, medan menggembleng kesiapan Indonesia untuk dua turnamen penting

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019