Gorontalo (ANTARA News) - Tim relawan sampah Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo melalui apel siaga melakukan aksi lingkungan dengan menyingkirkan sampah dari Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Toto Kabila.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kabupaten Bone Bolango Hasan Limonu di Gorontalo, Minggu, mengatakan kegiatan mereka dalam rangka "gerebek" sampah di RSUD Toto Kabila itu, merupakan tindak lanjut dari apel relawan sampah.

Apel relawan tersebut dicanangkan oleh Bupati Bone Bolango Hamim Pou pada 28 Januari 2019 dengan diikuti sekitar 2.000 relawan.

"Kegiatan apel siaga relawan sampah yang diisi dengan aksi `gerebek` sampah di RSUD Toto Kabila ini bertujuan untuk menyongsong Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tanggal 21 Februari 2019 mendatang," kata Hasan Limonu.

Dia juga berharap, lewat kegiatan HPSN nanti, terjalin sinergi menyangkut pengelolaan dan penanganan sampah, baik oleh pemerintah daerah, pemerintah kecamatan, serta pemerintah desa dan kelurahan.

"Paling penting juga, peran serta masyarakat dan dunia usaha dalam menjaga kebersihan dan menerapkan pola hidup sehat di lingkungan masing-masing," kata Hasan Limonu.

Baca juga: Menteri LHK ajak masyarakat jaga kebersihan laut di HPSN
Baca juga: Cirebon tuan rumah hari peduli sampah nasional
Baca juga: Yogyakarta intensifkan OTT pembuang sampah sembarangan

Pewarta: Adiwinata Solihin
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019