Rejang Lebong (ANTARA News) - Pemerintah Kabupaten Rejang Lebong, Provinsi Bengkulu, Minggu, meluncurkan sejumlah aplikasi layanan publik berbasis internet untuk memudahkan pelayanan bagi masyarakat di daerah itu.

"Peluncuran sejumlah aplikasi ini dilakukan bersamaan dengan tiga tahun kepemimpinan Bupati Ahmad Hijazi dan Wakil Bupati Iqbal Bastari, di mana aplikasi ini nantinya akan memudahkan pelayanan kepada masyarakat di Rejang Lebong," kata Sekda Kabupaten Rejang Lebong, RA Denni saat melakukan peluncuran aplikasi berbasis internet yang dipusatkan di halaman RSUD Dua Jalur.

Adapun aplikasi yang diluncurkan ini tambah dia, meliputi one stop service Pemkab Rejang Lebong dan aplikasi Simdag Keuangan di Badan Pengelola Keuangan Daerah (BPKD), aplikasi Sismiop, aplikasi Riganda, aplikasi Simda pendapatan, aplikasi bantuan hukum.

Kemudian aplikasi perizinan OSS untuk mengurus perizinan, aplikasi indikasi geografis (IG) dinas pertanian, aplikasi Public Safety Centre (PSC) dinas kesehatan, aplikasi Kesehatan Pendekatan Keluarga (KPK), serta aplikasi sistem informasi terpadu Puskesmas Curup atau Situn Curup.

Aplikasi pelayanan masyarakat yang diluncurkan Pemkab Rejang Lebong itu sendiri kata dia, bertujuan untuk memudahkan orang mengurus perizinan, membayar pajak maupun lainnya, sehingga nantinya bisa mempercepat proses investasi yang dilakukan investor ke daerah itu.

Sedangakan Bupati Rejang Lebong Ahmad Hijazi dalam kesempatan itu mengatakan, peluncuran aplikasi itu guna memudahkan masyarakat yang akan berurusan dengan pemerintah dengan memanfaatkan kemajuan tekhnologi dan informatika.

"Saat ini mereka yang akan berurusan di Kabupaten Rejang Lebong tidak perlu repot-repot untuk datang ke sini, cukup membuka aplikasinya dengan menggunakan handphone sudah bisa mengurus berbagai keperluannya," kata Bupati Hijazi.

Baca juga: Perluas jangkauan pelayanan, Pamekasan luncurkan aplikasi berbasis android
Baca juga: Kendari kembangkan sistem pelayanan berbasis android
Baca juga: Pemkot Mataram segera luncurkan aplikasi perizinan berbasis android

Pewarta: Nur Muhamad
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019