Kadang identitas diri yang dicari itu jalannya salah. Misalnya menjadi seorang pemberani tetapi jalannya salah,
Kupang (ANTARA News) - Krisis identitas jadi alasan akhir-akhir ini banyak kasus kekerasan terhadap guru yang dilakukan oleh para siswa, kata Staf Ahli Menteri Bidang Pendidikan Karakter Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan RI Arie Budiman.

"Menurut saya krisis identitas menjadi alasan mengapa selama ini banyak kasus kekerasan yang terjadi kepada para guru, yang dilakukan oleh siswanya sendiri," katanya di Kupang, Senin.

Hal ini di sampaikan Arie Budiman usai menjadi pembicara dalam diskusi serta Sosialisasi Buku Panduan dan Pelatihan Penguatan Pendidikan Karakter Kontekstual bekerja sama dengan Wahana Visi Indonesia (WVI).

Menurut dia proses tumbuh dan berkembang anak-anak usia sekolah mencari identitas diri, kadang-kadang identitas diri yang dicari itu salah kaprah.

"Kadang identitas diri yang dicari itu jalannya salah. Misalnya menjadi seorang pemberani tetapi jalannya salah," ujar dia.

Ia mencontohkan kasus pemukulan serta penghinaan terhadap seorang guru SMA di Gresik, Jawa Timur baru-baru ini diduga karena krisis identitas.

Saat ini kata dia, banyak kejadian seperti itu, dan masih banyak dialami oleh para guru di sekolah-sekolah.

Tetapi jika dihitung secara keseluruhan, jumlah kekerasan terhadap guru itu masih rendah jika dibandingkan dengan puluhan ribu sekolah di Indonesia yang mempunyai aturan yang kuat terhadap siswa-siswanya.

Untuk mencegah kejadian seperti itu, kata dia bukan hanya tanggung jawab sekolah, tetapi juga orang tua mempunyai peran yang sama.

"Peran orang tua itu sangat penting. Pembinaan di rumah itu sangat penting, bahkan peran lingkungan, yakni peran alumni juga penting," tambahnya.

Disamping itu, untuk mencegah terjadinya kasus kekerasan terhadap guru di lingkungan sekolah, seorang guru juga harus menunjukkan kewibawaannya agar tak dianggap remeh oleh siswanya.

Baca juga: KPAI: awal 2019 kekerasan di bidang pendidikan didominasi perundungan
Baca juga: Polisi selidiki dugaan kepala sekolah aniaya siswa di Garut

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Desi Purnamawati
Copyright © ANTARA 2019