Legenda mode Karl Lagerfeld tutup usia

Legenda mode Karl Lagerfeld tutup usia

Legenda mode Karl Lagerfeld meninggal dunia dalam usia 85 tahun (Instagram.com/karllagerfeld)

Jakarta (ANTARA News) - Legenda mode Karl Lagerfeld  meninggal dunia pagi ini dalam usia 85 tahun, menurut laporan media Prancis seperti dilansir Sky News. 

Direktur kreatif merek Chanel itu menghembuskan napas terakhir di American Hospital di Paris setelah mendapatkan perawatan sehari sebelumnya.

Kepergiannya ini merupakan sebulan lebih setelah dia tak jadi menyapa para penonton di akhir peragaan busana Chanel di Paris karena merasa lelah. 

Caroline Rush, kepala eksekutif British Fashion Council, mengaku sangat sedih mengetahui kabar meninggalnya Lagerfeld hari ini, terlebih mengingat kontribusi Langerfeld untuk industri mode. 

"Kami sangat sedih mengetahui berita kematian Karl Lagerfeld hari ini. Kontribusinya yang tak tertandingi bagi industri mode mengubah cara wanita berpakaian dan memandang mode," kata dia. 

Rush mengatakan sang legenda menginspirasi generasi desainer muda dan ini akan terus terjadi. Selama lebih dari 30 tahun, dia mengubah Chanel dari yang semula hanya sebuah rumah produksi klasik Prancis menjadi merek global.

"Ini kerugian besar bagi industri kami," kata dia. 

Langerfeld merupakan orang Jerman pertama yang menduduki jabatan direktur kreatif rumah mode pada tahun 1983, lalu direktur kreatif untuk rumah mode Italia Fendi. 

Dia dikenal di seluruh dunia karena rambut putih panjangnya yang khas, kacamata hitam, sarung tangan dan kerap mengenakan busana atasan dengan kerah tinggi.

Baca juga: Meryl Streep sebut Karl Lagerfeld rusak penampilannya di Oscar

Baca juga: Kemegahan Kerajaan Sriwijaya di ajang London Fashion Week

Baca juga: Motif variatif, alasan fashion global incar ular piton Indonesia

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar