Palangka Raya (ANTARA News) -  Tim PLN BLITS Explore Indonesia yang melakukan perjalanan keliling Indonesia menggunakan mobil listrik dan motor listrik tiba di "Kota Cantik" Palangka Raya, Kalimantan Tengah.

"Pemerintah Kota Palangka Raya mendukung penuh pengembangan mobil listrik yang membawa manfaat lebih besar dibandingkan mobil berbahan bakar minyak. Kami mengapresiasi akan hal ini," kata Asisten I Setda Kota Palangka Raya Murni D Djinu, di Palangka Raya, Kalimantan Tengah (Kalteng), Selasa.

Murni mengatakan kegiatan PLN BLITS Explore Indonesia ini adalah kegiatan tur keliling Indonesia dengan jarak tempuh 20.000 kilometer. Yang menjadi spesial dari kegiatan ini adalah kendaraaan yang digunakan menggunakan energi terbarukan hasil karya anak bangsa.

"Diharapkan masyarakat juga menjadi lebih sadar akan keterbatasan minyak yang merupakan sumber energi tidak terbarukan. Kami mendukung penuh pengembangan mobil listrik ini," kata Murni.

Ketua Tim PLN BLITS Explore Indonesia, Agus Muhlisin mengatakan perjalanan dimulai November 2018. Mobil dan motor listrik yang diberi nama BLITS dan Kasuari telah menempuh perjalanan sejauh 5.900 kilometer. Timnya pun berharap bisa menuntaskan perjalanan keliling Indonesia yang ditargetkan selesai Mei 2019.

"Tur ini untuk mencoba kemampuan komponen utama kendaraan yang dirancang, baik dari segi keamanan, performa, dan lainnya. Ini penting bila nantinya mobil ini dijadikan industri massal," katanya.

Dia menambahkan kegiatan itu bertujuan ?untuk menguji kemampuan dan ketahanan mobil dan motor listrik yang diharapkan mampu diandalkan pada masa mendatang, karena mobil listrik tersebut jauh lebih murah, hemat, aman, dan ramah lingkungan.

Kendaraan BLITS tersebut berbentuk mobil listrik hasil karya kolaborasi dari dua universitas di Indonesia, yakni Universitas Budi Luhur dan Institut Teknologi 10 November Surabaya (ITS).

Setelah menyelesaikan etape di pulau Jawa dan Sumatera, tim ini mulai menjelajah di wilayah Kalimantan dan telah menyelesaikan etape di wilayah Pontianak, Kalimantan Barat. Kini tim ini sudah tiba di PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya setelah terlebih dahulu tiba di PLN ULP Sampit.

Baca juga: Mobil listrik Blits siap jelajahi Kalbar

Di Palangka Raya, kedatangan tim PLN BLITS Explore Indonesia disambut pihak PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya bersama dengan perwakilan Pemerintah Kota Palangka Raya.

Manajer PT PLN (Persero) UP3 Palangka Raya, Faisal Muslim mengatakan jika nantinya mobil listrik ini diproduksi secara industrial dan massal, tentu PLN akan mempersiapkan berbagai sarana dan fasilitas penunjang.

"Sebut saja seperti kebutuhan charging atau pengisian daya  baterai bertenaga 30 kWh, dan sekali diisi ulang mampu menempuh jarak sekitar 150 kilometer. Nah ini semua tentu telah kami kaji," kata Faisal.

Tim PLN BLITS Explore Indonesia ini pun dijadwalkan akan meneruskan tur dengan mengambil etape ke Banjarmasin, Kalimantan Selatan.

Baca juga: Gerbang menuju era kendaraan listrik

 
Pewarta:
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019