Kupang (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum Kota Kupang dan Sumba Barat, Nusa Tenggara Timur telah menyelesaikan perakitan kotak suara dan siap didistribusi untuk digunakan pada Pemilu serentak 17 April 2019.

"Total kotak suara yang kami rakit dan sudah rampung mencapai 5.696 buah," kata Pelaksana Tugas Ketua KPU Kota Kupang Ismael Manoe di Kupang, Rabu, menanggapi kesiapan pelaksanaan Pemilu 2019 di daerah itu.

Proses perakitan kota suara di KPU Kota Kupang sudah dilakukan sejak 12 Februari lalu.

Menurut Ismael perakitan itu berjalan baik dengan mempekerjakan sekitar 40 staf sekretariat KPU Kota Kupang.

"Ini berkat kerja sama semua staf sekratariat KPU Kota Kupang, sehingga perakitannya cepat selesai, kita tinggal menunggu waktu pendistribusian ke setiap TPS," tambah dia.

Selain KPU Kota Kupang, KPU Sumba Barat juga telah merakit kotak suara.

Komisioner KPU Sumba Barat Sophi Marlinda Djami dihubungi dari Kupang, mengatakan terdapat 1.716 buah kotak suara yang sudah selesai dirakit.

"Semuanya sudah selesai dirakit. Jumlahnya mencapai 1.716 kota suara, dan itu sesuai dengan jumlah kotak suara yang dikirimkan kepada kami," sebut dia.

Sebelumnya Badan Pengawas Pemilihan Umum Provinsi Nusa Tenggara Timur meminta KPU setempat mempercepat perakitan kotak suara untuk menghindari kerusakan akibat penyimpanan yang terlalu lama di gudang.

"Kalau bisa perakitan kotak suara ini dipercepat karena ada daerah yang tempat penyimpanannya rawan terjadi kerusakan," kata Koordinator Divisi Pencegahan dan Hubungan Antarlembaga Bawaslu Provinsi NTT Jemris Fointuna.

Total kotak suara yang diterima 22 KPU kabupaten dan kota di NTT sebanyak 77.001 buah.

Baca juga: KPU Yogyakarta pastikan seluruh kotak suara laik digunakan
Baca juga: KPU Surakarta temukan 58 kotak suara rusak
Baca juga: KPU Garut temukan dua kotak suara rusak

Pewarta: Kornelis Kaha
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019