Phnom Penh, Kamboja (ANTARA News) - Tendangan bebas gelandang tim nasional Indonesia U-22 Muhammad Luthfi Kamal masih ditolak oleh mistar gawang sehingga babak pertama laga kedua Grup B Piala AFF U-22 melawan Malaysia di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Rabu sore berakhir imbang tanpa gol.

Tendangan itu diperoleh setelah Billy Paji Keraf dijatuhkan kapten Malaysia Dominic Tan Jun Jin di sisi kiri serangan Indonesia.

Kendati sukses menaklukkan kiper Muhammad Haziq Nadzli, bola masih ditolak oleh mistar gawang sebelum keluar dan hanya berbuah lemparan ke dalam bagi Malaysia.

Laga baru dimulai dan lini pertahanan Indonesia sudah diuji oleh serangan yang dilancarkan Malaysia, beruntung kiper Satra

Indonesia akhinya menebar ancaman ke gawang Malaysia pada menit ke-19 ketika sepak pojok Gian Zola berhasil disambut tandukan Marinus Wanewar, namun bola masih menyamping tipis di sisi kiri gawang.

Memasuki paruh kedua babak pertama, pendekatan agresif kian diterapkan oleh kedua tim, hingga Zola dijatuhkan dalam situasi serangan balik di dalam lingkaran tengah dan penggawa Malaysia segera dikartu kuning oleh wasit Steve Supresencia asal Filipina.

Indonesia benar-benar memperoleh peluang emas ketika Osvaldo Haay berhasil mengecoh kiper Muhammad Haziq Nadzli pada menit ke-39 saat menerima umpan terobosan kiriman Marinus, sayang penyelesaiaannya melenceng dari gawang yang sudah tak bertuan.

Malaysia balik membalas lewat sebuah umpan silang yang berhasil ditemui Muhammad Jafri di tengah kotak penalti, namun tendangan volinya melambung tinggi dari sasaran.

Indonesia kembali menekan ketika Firza Andika berhasil lolos dari sisi kiri dan melepaskan umpan silang nan matang yang mengarah kepada Zola, namun tandukannya tak mengenai bola.

Lantas pada menit ke-44, Luthfi melepaskan tendangan bebas yang melengkung dan sukses menaklukkan Haziq namun masih ditolak oleh mistar gawang.

Baca juga: Susunan pemain Indonesia vs Malaysia, Indra rotasi lima pemain

Berikut susunan pemain kedua tim:

Indonesia (4-1-2-3): Satria Tama Hardiyanto; Asnawi Mangkualam Bahar, Andy Setyo Nugroho, Rachmat Irianto, Firza Andika, Muhammad Luthfi Kamal Baharsyah, Gian Zola Nasrulloh Nugraha, Muhammad Rafi Syarahil, Fulgensius Billy Paji Keraf, Marinus Wanewar, Osvaldo Ardiles Haay
Pelatih: Indra Sjafri

Malaysia (3-5-2): Muhammad Haziq Nadzli; Dominic Tan Jun Jin, Ariff Ar Rasyid Ariffin, Dinesh Rajasingam; Muhammad Nazirul Afifi Ibrahim, Thivandaran Karnan, Nik Akif Syahiran Nik Mat, Muhammad Izzan Syahmi Mustapa, Nabil Hakim Bokhari; Muhammad Hadi Fayyadh Abdul Razak, Muhammad Jafri
Pelatih: Ong Kim Swee
 

Pewarta: Gilang Galiartha
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019