counter

Lockheed perkenalkan jet tempur baru F-12 untuk India

Lockheed perkenalkan jet tempur baru F-12 untuk India

Dua jet tempur stealth Lockheed Martin Corp F-35 terbang selama pertunjukan di Avalon Airshow di Victoria, Australia, Jumat (3/3/2017). (Australian Defence Force/Hando)

New Delhi (ANTARA News) - Lockheed Martin, Rabu, menawarkan kepada India sebuah jet tempur baru F-21, yang akan dibuat di India dalam upaya untuk menyabet pesanan militer senilai lebih dari 15 miliar dolar AS (sekitar Rp210,6 triliun).

Perusahaan produksi pertahanan Amerika Serikat itu sebelumnya menawarkan pesawat tempur F-16, yang digunakan berbagai negara di dunia, untuk mengikuti kompetisi yang sedang digelar Angkatan Udara India bagi pembuatan 114 pesawat yang akan diproduksi di India.

Namun Lockheed, yang menyampaikan rencana tersebut pada pameran dirgantara di kota selatan Bengaluru, mengatakan pihaknya menawarkan India sebuah pesawat baru yang dirancang berdasarkan kebutuhan negara itu.

"F-21 ini beda, baik di dalam maupun luarnya," kata Vivek Lall, Wakil Kepala Strategi dan Pengembangan Bisnis Lockheed Martin Aeronautics, dalam pernyataan.

Lockheed Martin akan membuat pesawat tersebut bersama Tata Advanced Systems, kata perusahaan itu.

Lockheed saat ini bersaing dengan jet tempur F/A-18 buatan Boeing, Gripen buatan Saab, Rafale buatan Dassault Aviation, Eurofighter Typhoon dan sebuah pesawat Rusia untuk pesanan angkatan udara.

Baca juga: Prancis, Jerman umumkan kontrak pertama pembuatan jet tempur
Baca juga: Jepang akan beli lagi jet-jet tempur siluman buatan Amerika Serikat


 
Sumber: Reuters
Penyunting: Tia Mutiasari/Mohamad Anthoni

Pewarta: Antara
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar