Di 2019 kita sudah mulai pembayaran, dan dalam waktu satu dua hari ke depan kita sudah ajukan karena sudah ada SK gubernur dengan honor satu bulan Rp1 juta dan enam bulan kemudian baru jadi Rp1,5 juta
Ternate,  (ANTARA News) - Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Provinsi Maluku Utara berjanji membayar seluruh tunggakan honor guru honorer SMA/SMK dan sederajat selama enam bulan terakhir.

Kepala Dikbud Maluku Utara, Imran Yakub di Ternate, Rabu, mengatakan pembayaran pada 2019 akan direalisasikan karena Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara Abdul Ghani Kasuba hanya tinggal enam bulan pada 2018.

Jumlah guru honorer 2.200 orang, sedangkan pada 2018 hingga 2019 tercatat 1.471 guru honorer yang sedang dilakukan analisa data untuk diajukan terkait dengan SK gubernur untuk segera dilakukan pembayaran.

"Di 2019 kita sudah mulai pembayaran, dan dalam waktu satu dua hari ke depan kita sudah ajukan karena sudah ada SK gubernur dengan honor satu bulan Rp1 juta dan enam bulan kemudian baru jadi Rp1,5 juta," ujarnya.

Dia mengakui masalah pembayaran honor guru honorer SMA/SMK yang tertunggak akan dibayarkan kepada seluruh honorer.

"Untuk SK 2017 dan 2018 data-datanya sudah ada tinggal dianalisa untuk ditetapkan dengan SK gubernur dan paling lama tapi lebih cepat lebih baik," kata Imran.

Ia mengatakan guru dalam konteks sesungguhnya tidak ada yang namanya guru honor. Hal itu hanya istilah, tetapi guru adalah tenaga edukatif.

"Harapannya bahwa dengan kenaikan tunjangan atau pendapatan bisa berdampak pada mutu pendidikan di Malut, sehingga guru lebih termotivasi untuk peningkatan kinerja guru itu sendiri," ujarnya.

Dia menambahkan anggaran untuk honor guru honorer SMA/SMK pada 2019 kurang lebih Rp20 miliar dan tunggakan selama enam bulan pada 2018 kurang lebih Rp7 miliar sampai Rp8 miliar, serta tunggakan enam bulan pada 2017 sekitar Rp4 miliar sampai Rp5 miliar.

Sebelumnya, sejumlah guru SMA/SMK sederajat di Maluku Utara mengeluh karena belum dibayar honor untuk mereka selama enam bulan, padahal tugas dan kewajiban mengajar di sekolah telah dipenuhinya.

Baca juga: 3.000 PTT Halsel belum terima honor 9 bulan

Baca juga: Pemkot Ternate memutasi guru ke kecamatan terluar

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019