Samarinda (ANTARA News)- Tokoh sepak bola Kalimantan Timur, Harbiansyah Hanafiah mengharapkan Erick Thohir bersedia maju sebagai salah satu kandidat ketua pada Kongres Luar Biasa (KLB) PSSI, sehingga bisa memimpin organisasi sepak bola nasional itu menuju ke arah perubahan. 
Baca juga: Exco PSSI putuskan gelar kongres luar biasa

Menurut Harbiansyah saat di konfirmasi dari Samarinda, Rabu, dalam situasi kisruh sepak bola nasional yang terus berlangsung, diperlukan satu pemimpin baru yang punya visi dan misi jelas terhadap kemajuan sepak bola nasional. 

"Erick Thohir cukup berpengalaman di dunia olahraga baik sepak bola maupun non-sepak bola. Di sepak bola, Erick cukup punya nama di luar negeri dengan kepemilikan saham di sejumlah klub elite Eropa yang salah satunya adalah klub asal Italia, Inter Milan," katanya.

Harbiansyah menambahkan prestasi Erick Thohir lainnya dalam membangun olahraga nasional telah dibuktikan yang salah satunya di pentas Asian Games 2018. Kontingen Merah Putih bahkan mampu menduduki peringkat lima besar Asia.

"Saya melihat figur Erick Thohir ini pantas untuk memimpin PSSI, dan saya yakin yang bersangkutan punya kapasitas untuk membenahi kisruh sepak bola yang selama ini terus terjadi, khususnya terkait indikasi mafia sepak bola," kata Habiansyah menambahkan.

Dalam kacamata mantan pemilik klub Persisam Putra Samarinda itu, perubahan PSSI bukan hanya sebatas pada pemimpinnya saja, namun semua elemen didalamnya baik itu pengurus, wasit maupun klub sepak bola harus sama- sama punya komitmen untuk berubah. 

"Sekali lagi bakal sangat percuma, kalau punya pemimpin yang bagus, namun perangkat di dalamnya masih amburadul, semuanya harus punya kesadaran untuk membuat olahraga sepak bola ini semakin lebih baik," kata Harbiansyah menegaskan.

Diketahui bahwa Komite Eksekutif (Exco) telah memutuskan akan menggelar Kongres Luar Biasa (KLB). Keputusan ini diketok palu tak lama setelah penetapan Plt Ketua Umum PSSI, Joko Driyono, sebagai tersangka kasus perusakan barang bukti terkait dugaan pengaturan skor.
Baca juga: Joko Driyono mengapresiasi Satgas Anti Mafia Bola

 Sederet nama baru pun muncul dan dinilai layak untuk memimpin PSSI diantaranya Erick Thohir, Umuh Muchtar, Khrisna Murti, hingga politikus macam Muhaimin Iskandar (Cak Imin) dan Basuki Tjahaja Purnama (Ahok). 
Baca juga: Manajemen Persipura berharap figur calon ketua PSSI sosok netral
Baca juga: Manajer Madura United setuju KLB jika diminta exco PSSI

Pewarta: Arumanto
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019