Bekasi (ANTARA News) - Pelatih Persija Jakarta Ivan Kolev menyebutkan, skuatnya berhasil melewati laga sulit kontra Tira-Persikabo di pertandingan leg kedua babak 16 besar Piala Indonesia 2018-2019, yang akhirnya dimenangkan skuat Macan Kemayoran dengan skor 2-0.

"Laga berjalan cukup sulit. Namun kami berhasil keluar dari tekanan dan mencetak dua gol. Saya senang dengan penampilan tim," ujar Kolev usai pertandingan kontra Tira-Persikabo di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Jawa Barat, Kamis.

Kemenangan atas Tira-Persikabo di leg kedua membuat Persija lolos ke perempat final Piala Indonesia 2018-2019. Mereka unggul agregat 4-2 setelah laga leg pertama di kandang Tira-Persikabo Stadion Pakansari, Cibinong, berakhir imbang 2-2.

Menurut Ivan Kolev, ada beberapa hal yang membuat skuatnya kesulitan saat bersua Tira-Persikabo di leg kedua.

Pertama, penampilan Tira-Persikabo yang dianggapnya bagus. Tira-Persikabo menampilkan performa yang tidak mudah diantisipasi oleh Persija.

Kedua, dan ini yang utama, para pemain Persija dalam kondisi kelelahan karena harus menjalani jadwal padat di bulan Februari 2019. 

Mereka berlaga di kualifikasi Liga Champions Asia 2019 pada 5 dan 12 Februari menghadapi klub Liga Australia Newcastle Jets di partai kandang-tandang, kemudian dilanjutkan leg pertama serta kedua fase 16 besar Piala Indonesia 2018-2019 pada 17 dan 21 Februari 2019.

Persija pun harus menjalani laga Grup G Piala AFC 2019 menghadapi wakil Vietnam Becamex Binh Duong pada Selasa (26/2). Mau tak mau Kolev pun harus memutar otak untuk melakukan rotasi agar pemain tak cedera.

"Pemain dalam kondisi kelelahan. Oleh karena itulah saya senang dengan penampilan pemain hari ini. Mereka bekerja keras untuk memenangkan pertandingan," tutur Kolev.

Sulitnya pertandingan kontra Tira-Persikabo diamini oleh pemain Persija. Namun, menurut kiper mereka Shahar Ginanjar, rekan-rekannya tetap fokus dan menjalankan apa yang menjadi arahan pelatih.

"Teman-teman berhasil mengikuti instruksi pelatih dan membuat kami mengakhiri laga dengan skor 2-0," kata Shahar.

Persija Jakarta melaju ke perempat final Piala Indonesia 2018-2019 usai menaklukkan Tira-Persikabo dengan skor 2-0 dalam pertandingan leg kedua babak 16 besar di Stadion Patriot Candrabaga, Bekasi, Kamis.

Kedua gol Persija dalam pertandingan itu dicetak oleh Fitra Ridwan (3') dan Ryuji Utomo ('73).

Hasil itu membuat agregat kedua tim menjadi 4-2 untuk keunggulan Persija setelah pertandingan leg pertama di markas Tira-Persikabo berakhir seri 2-2.

Baca juga: Gol Fitra dan Ryuji loloskan Persija ke perempat final

Baca juga: Diimbangi oleh Tira-Persikabo, Persija evaluasi lini depan dan belakang

Baca juga: Persija pertimbangkan coret Marko Simic dari Piala AFC 2019


Pewarta: Michael Siahaan
Editor: Junaydi Suswanto
Copyright © ANTARA 2019