Jakarta (ANTARA News) - Direktur Jenderal Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag Muhammadiyah Amin mengatakan masjid harus terus dijaga kesuciannya dan dijauhkan dari pihak-pihak yang ingin menjadikannya sebagai tempat untuk menyebarkan hoaks, ujaran kebencian, radikalisme, bahkan melakukan aktivitas politik.

"Masjid adalah tempat ibadah dan tempat umat untuk mendapatkan kedamaian. Ini harus disadari semua pihak agar masjid tidak dimanfaatkan kelompok tertentu untuk melakukan dakwah negatif melalui hoaks, ujaran kebencian, radikalisme, dan lain-lain,” ujarnya  usai menjadi narasumber Rakor Pembentukan Pokja Pendamping Sasaran Deradikalisasi Wilayah Jatim, Jateng, dan DI Yogyakarta di Surabaya, Kamis.

Dikutip dari siaran pers, Muhammadiyah Amin melanjutkan, akhir Oktober 2018 keluar hasil survei Pengawas Perhimpunan Pengembangan Pesantren dan Masyarakat (P3M) tentang masjid terindikasi radikalisme. 

Survei itu menyasar 100 masjid di lingkungan pemerintah dan lembaga.  Hasilnya 41 masjid terindikasi radikalisme.

Dari situ, Kemenag mengundang P3M untuk memaparkan secara detail hasil survei itu, apalagi yang diteliti masjid pemerintahan.

Menurut Muhammadiyah, pihaknya tahu masjid yang ada di lingkungan pemerintahan/lembaga banyak yang ditangani oleh pengurus yang tidak berkompeten. Para pengurus masjid tersebut kurang memiliki ilmu agama dengan baik, sebagian besar merupakan pegawai dan pensiunan kantor kementerian/lembaga tersebut.

Dari masalah itu, Kemenag mengirimkan surat ke setiap Sekretaris Kementerian/Lembaga supaya menempatkan pengurus masjid yang berkompeten. 

"Jangan dibiarkan begitu saja. Karena boleh jadi pengurus masjid yang rata-rata pensiunan kementerian tersebut justru mengundang penceramah yang malah memanfaatkan masjid itu untuk menyebarkan hal-hal negatif seperti hoaks, ujaran kebencian, bahkan radikalisme," kata Muhammadiyah.

Belajar dari situ, pembinaan terhadap pengurus masjid, remaja masjid, dan jamaah masjid seluruh masjid di Indonesia harus terus dilakukan. Sejauh ini, lanjut Muhammadiyah, pihaknya selalu melakukan pembinaan mengenai tugas pengurus masjid dan tugasnya membina jamaah. 

Ia juga mengimbau agar para penceramah juga memegang teguh sembilan seruan Menteri Agama tentang ceramah di rumah ibadah.

"Pegang itu. Kalau misalnya ada penceramah menyampaikan hal terlarang, berikutnya jangan dipakai itu. Karena masjid terindikasi hal negatif tidak terlepas dari tiga hal, yaitu jamaah,  pengurus, dan dainya," ujar Muhammadiyah.

Di tahun politik ini, pengurus dan jamaah masjid juga harus teliti dan selektif dalam mengundang penceramah mengingat masjid sangat rentan dijadikan tempat berkampanye dengan berdalih melakukan dakwah. 

"Jangan sampai masjid yang seharusnya sebagai tempat menebar kesejukan dan kedamaian, justru dijadikan tempat menebar fitnah dan adu domba," kata Muhammadiyah Amin. 

Pewarta: Sigit Pinardi
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019