Presiden itu tidak pernah ada 'deal' macam-macam. 'Deal'-nya dia selalu dalam koridor kepentingan nasional
Jakarta (ANTARA News) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan menegaskan Presiden Joko Widodo sama sekali tidak ada kesepakatan atau "deal" tertentu dengan perusahaan tambang asal AS, Freeport McMoRan.

Hal itu disampaikan Luhut menanggapi pertemuan antara Presiden Jokowi dan Executive Chairman Freeport McMoRan James Robert Moffett pada 7 Oktober 2015. 

"Presiden itu tidak pernah ada 'deal' macam-macam. 'Deal'-nya dia selalu dalam koridor kepentingan nasional," katanya dalam Lecture Series on Indonesia's Maritime Diplomacy: The Current Challenges di CSIS Jakarta, Jumat.

Menurut Luhut, Jokowi memang pernah beberapa kali bertemu Moffet. Namun, ia menilai pertemuan itu bersifat biasa dan tak perlu dipermasalahkan.

"Bertemu Presiden kan sering juga. Saya juga sering bertemu Moffet. Enggak ada masalah," katanya. 

Pertemuan Jokowi dengan Moffet sebelumnya disampaikan oleh mantan Menteri ESDM Sudirman Said, yang kini menjabat Direktur Materi dan Debat Badan Pemenangan Nasional (BPN) Prabowo-Sandi.

Sudirman menyebutkan dirinya menghadiri pertemuan khusus antara Presiden dan Jim Moffet yang berujung terbitnya surat Menteri ESDM kepada Freeport tertanggal 7 Oktober 2015 terkait jaminan perpanjangan kontrak Freeport jika perusaahaan tersebut melakukan sejumlah hal.

Baca juga: Pengamat sebut Sudirman Said harus buktikan pertemuan Jokowi-Freeport
Baca juga: Jonan bantah tudingan ada pertemuan khusus dengan Freeport

 

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Kelik Dewanto
Copyright © ANTARA 2019