Wamen sebut lampu tenaga surya tersebut sebagai bagian dari pengembangan energi baru terbarukan, yang dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas umum. 
Padang,  (ANTARA News) - Wakil Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Arcandra Tahar meresmikan Penerangan Jalan Umum Tenaga Surya di Universitas Andalas, Padang,  Sumatera Barat, Jumat. 

"Penerangan ini juga sebagian dari pembangunan infrastruktur, bukan kampanye ya," kata Arcandra Tahar di Universitas Andalas. 

Arcandra mengatakan lampu tenaga surya tersebut sebagai bagian dari pengembangan energi baru terbarukan, yang dapat dimanfaatkan sebagai fasilitas umum. 

Arcandra juga berharap dengan adanya penerangan tersebut,  mahasiswa Universitas Andalas dapat terbantu kegiatannya di malam hari,  misalnya bisa shalat subuh berjamaah bagi yang tinggal di asrama. 

Sementara itu, Rektor Universitas Andalas Tafdil Husni mengucapkan apresiasi atas bantuan dari pemerintahan berupa penerangan jalan tersebut. 

"Memang selama ini penerangan masih kurang, kalau malam masih banyak jalan yang gelap sehingga cukup sulit kalau tidak ada penerangan, " kata Rektor Universitas Andalas. 

Bantuan pembangunan lampu tersebut sebanyak 200 titik di beberapa jalan sepanjang Universitas Andalas. Rektor juga mengingatkan bahwa perawatan lampu tersebut harus dijaga,  sebab selama ini banyak kejadian lampu surya banyak yang hilang baterai -nya. 

Rektor akan bekerja sama dengan dinas terkait untuk melakukan pemeliharaan lampu tersebut.  ***1***

Baca juga: Kementerian ESDM pasang 1.200 lampu surya di Jawa Timur

Baca juga: Pemerintah-DPR sepakat lanjutkan program lampu tenaga surya gratis di Papua

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ganet Dirgantara
Copyright © ANTARA 2019