Jakarta (ANTARA News) - Pengoperasian Satelit Nusantara Satu yang baru saja diluncurkan PT Pasifik Satelit Nusantara (PSN) akan memenuhi layanan akses teknologi informasi bagi masyarakat di pelosok daerah Indonesia.

 

“Sehingga, dengan kualitas dan jangkauannya ke seluruh wilayah Indonesia, Nusantara Satu dapat mendukung percepatan ekonomi di daerah,” kata Direktur Jaringan PSN Heru Dwikartono di Jakarta, Jumat.

 

Setelah mengorbit, lanjut Heru, akan digunakan untuk keperluan pemerintah yang akan menyebarluaskan internet ke berbagai desa di Indonesia.

 

Menurut General Manager of Marketing Commercial Directorate PSN Meidiyanto Andwiputro, PSN menyediakan akses vsat dengan harga yang jauh lebih terjangkau.

 

“Dibanding sebelumnya seharga Rp2 juta per bulan, produk vsat PSN ini lebih terjangkau, yakni Rp500 ribu per bulan untuk 8 giga byte,” ungkap Meidiyanto.

 

Selain itu, PSN juga akan menyediakan voucher internet seharga Rp3.500 dengan kuota 30 mega byte untuk dapat dijangkau oleh masyarakat daerah.

 

“Itu biasanya orang untuk aplikasi whatsapp atau youtube dengan resolusi yang paling rendah,” ujarnya.

 

Meidiyanto menyampaikan, layanan Ubiqu dan Sinyalku besutan PSN memiliki cakupan mulai dari ujung barat Sumatera hingga ujung timur Papua, dari ujung utara Sulawesi hingga ujung selatan Nusa Tenggara.

 

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2019