counter

Universitas Moestopo libatkan dosen dalam KKN Tematik Citarum

Universitas Moestopo libatkan dosen dalam KKN Tematik Citarum

Menteri Koordinator Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan (kanan) didampingi Komandan Satgas Citarum Harum Sektor 8 Kolonel Czi Aby Ismawan (kedua kanan) meninjau aliran sungai Citarum lama (oxbow Cicukang) di Kecamatan Margaasih, Kabupaten Bandung, Jawa Barat, Rabu (5/12/2018). Tahun 2019 Pemerintah pusat akan menggelontorkan anggaran hingga Rp 640 miliar untuk pembenahan Sungai Citarum. ANTARA FOTO/M Agung Rajasa/wsj.

Jakarta (ANTARA News) - Universitas Profesor Moestopo (Beragama) melibatkan setidaknya 100 dosen dan 70 mahasiswa lintas fakultas dalam pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata (KKN) Citarum Harum 2019.
   
"Pada tahun ini kami juga melibatkan lebih banyak dosen dalam pelaksanaan KKN Citarum Harum ini," ujar Rektor Universitas Moestopo, Prof Dr Rudy Harjanto, di Jakarta, Jumat.
  
Ia menjelaskan mahasiswa yang dilibatkan berasal dari fakultas Kedokteran Gigi, Fakultas Ekonomi Bisnis, FISIP, dan Fakultas Ilmu Komunikasi. KKN dilaksanakan sejak tahun 2018 sampai dengan tahun 2025.
   
Tim Universitas Moestopo yang dipimpin Kepala Pengabdian kepada Masyarakat FKG Dr Witriana Latifa melakukan KKN di Rengasdengklok, Jawa Barat.
    
KKN itu juga melibatkan 26 dokter gigi dan dokter umum serta dibantu 62 mahasiswa FKG menangani pengobatan 148 pasien dewasa dan 263 anak-anak. Mereka memeriksa tekanan darah, kadar asam urat dan gula darah, juga memberikan penyuluhan tentang kesadaran hidup sehat di lingkungan alam hijau.
   
Sementara tim dosen dan mahasiswa Fakultas Ilmu Komunikasi dan Fakultas Ekonomi dan Bisnis Moestopo mendatangi SMKN 1 Rengasdengklok untuk melakukan bimbingan keterampilan jurnalistik visual dan pemasaran digital.
   
"Kami juga menyelipkan pesan kesadaran berkarakter unggul dalam kecintaan kepada Tanah Air."
    
Hingga saat ini lebih dari 22 Perguruan Tinggi DKI Jakarta, bergabung dalam  KKN LLDIKTI III, melaksanakan kegiatan rehabilitasi Sungai Citarum.

Para dosen dan mahasiswa tersebut merupakan bagian dari partisipan proyek Kuliah Kerja Nyata (KKN) Tematik Citarum Harum, dengan tujuan merevitalisasi sungai Citarum beserta penduduk yang tinggal di lingkungannya.
     
Masyarakat bantaran sungai Citarum juga mendapat sosialisasi pembelajaran kolaboratif inovasi pembudayaan pengurangan penggunaan plastik, serta mengolah limbah sehingga dapat bernilai ekonomi dengan menghasilkan kompos dan pupuk cair, membudidayakan tanaman organik.

Sampai saat ini melalui program KKN di kabupaten Karawang telah ditanam sebanyak 32.000 pohon produktif (kopi, alpukat, dan lainnya) dan sayuran.

Baca juga: Kemristekdikti luncurkan KKN tematik Citarum Harum
Baca juga: KKN tematik universitas membangun desa Unej diapresiasi Australia


Pewarta: Indriani
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar