Sebagai alumnus, saya bangga dan senang kembali ke UGM...
Jakarta (ANTARA News) -  Menteri Perindustrian (Menperin) Airlangga Hartarto mendapatkan penghargaan Herman Johannes Award 2019 dari Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (UGM) Yogyakarta dan Keluarga Alumni Fakultas Teknik Universitas Gadjah Mada (Katgama), Jumat (22/2).

Airlangga meraih penghargaan tersebut atas kiprahnya meletakkan dasar strategis untuk membawa bangsa Indonesia memasuki era industri 4.0.
 
"Kami berterima kasih karena dengan ridho dan karunia Allah SWT saya mendapatkan penghargaan ini," ucap Airlangga usai menerima penghargaan di Graha Sabha Pramana UGM Yogyakarta, seperti yang dikutip dari rilis yang diterima Antara, di Jakarta, Sabtu.
 
Airlangga mengaku sangat bangga sekaligus terharu mendapatkan penghargaan Herman Johannes Award. Sebagai alumni UGM, tidak pernah terbayang oleh Airlangga bahwa dalam waktu 30 tahun kembali lagi ke UGM dalam acara resmi rapat senat terbuka.

"Oleh karena itu, saya mengapresiasi dan berterima kasih kepada UGM. Sebagai alumnus, saya bangga dan senang kembali ke UGM banyak sekali perubahan fisik yang terjadi di kampus ini selama beberapa tahun belakangan," tuturnya.

Penghargaan Herman Johannes Award 2019 yang diterima Airlangga Hartarto diserahkan langsung oleh Rektor Universitas Gadjah Mada (UGM) Panut Mulyono dalam peringatan Hari Pendidikan Tinggi Teknik ke-73.
 
Pada 2003 nama Herman Johannes diabadikan oleh Katgama menjadi sebuah penghargaan bagi karya utama penelitian bidang ilmu dan teknologi. Herman Johannes adalah cendekiawan, politikus, ilmuwan, dan pahlawan Indonesia. Dia pernah menjabat Rektor UGM pada periode 1961-1966.
 
Airlangga berharap penghargaan Herman Johannes Award yang diterimanya dapat menjadi pendorong untuk terus berkarya bagi nusa dan bangsa, khususnya dalam bidang industri.
 
Saat ini, kata dia, Indonesia sudah siap memasuki era industri 4.0 yang ditandai dengan peluncuran Making Indonesia 4.0, sebuah peta jalan yang memuat strategi dan arah yang jelas dalam upaya merevitalisasi sektor manufaktur.

Selain Airlangga, penerima Herman Johannes Award tahun 2019 adalah Menteri Luar Negeri Retno Marsudi untuk bidang diplomasi internasional, Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi untuk bidang transportasi, serta Almarhum Sedijatmo Atmohoedojo di bidang konstruksi.

Baca juga: 3 Menteri Kabinet Kerja mendapat penghargaan "Herman Johannes Award"

Pewarta: Sella Panduarsa Gareta
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019