counter

Wanita penyelam deklarasi laut bersih

Wanita penyelam deklarasi laut bersih

Ilustrasi aksi pembersihan pantai . ANTARA FOTO/Fikri Yusuf/wsj.

Manado (ANTARA News) - Ketua Wanita Selam Indonesia (Wasi), Tri Tito Karnavian mengikuti penandatanganan deklarasi "Mewujudkan laut bersih laut indah, menuju Indonesia bersih", di Manado, Sulawesi Utara (Sulut), Sabtu.

Penandatanganan yang dilaksanakan dalam kegiatan Hari Peduli Sampah Nasional (HPSN) tingkat Sulut, juga dilakukan Gubernur Sulut, Olly Dondokambey, Kapolda Sulut Irjen Pol Sigid Tri Hardjanto, Wali Kota Manado GSV Lumentut, Wakil Bupati Minahasa Robby Dondokambey, sejumlah pimpinan perguruan tinggi di Sulut, para pejabat, serta pimpinan organisasi kemasyarakatan.

Selain melakukan penandatangan, Tri Tito Karnavian yang juga istri dari Kapolri, Jenderal Polisi Tito Karnavian, memberikan bantuan sebanyak 1.200 paket sembako kepada petugas kebersihan yang dilakukan secara simbolis.

Selain itu Wasi juga  melakukan pengangkatan sampah di sepanjang kawasan Megamas, bersama Gubernur Olly Dondokambey, pejabat TNI Polri, maupun Pemprov Sulut dan Pemkot Manado, personel Polri, prajurit TNI sera ASN, dan komponen masyarakat lainnya.

Tri Tito Karnavian mengimbau kepada seluruh masyarakat agar membuang sampah pada tempatnya serta mengurangi penggunaan plastik sekali pakai.

"Mudahah-mudahan dengan kegiatan ini semua menyadari tanggung jawab, sampah adalah tanggung jawab kita semua," ujarnya.

Selain di kawasan Megamas, bersih-bersih yang melibatkan sekitar 5.000 warga, juga dilaksanakan pada sejumlah titik di Kota Manado, masing-masing di muara Sungai Malalayang, muara Sungai Sario, muara Sungai Bahu, muara Kalijengki dan Pulau Bunaken.

Baca juga: Ratusan Penyelam Ikuti Bersih Laut
Baca juga: Dua menteri pimpin bersih pantai di Kuta
 

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar