Binjai, Sumut (ANTARA News) - Kawasan Kota Binjai, Provinsi Sumatera Utara, Sabtu (23/2), sekitar pukul 15.30 WIB, diterjang angin puting beliung, mengakibatkan dua unit rumah mengalami kerusakan sedang, dan satu warga masyarakat luka ringan.

Koordinator petugas lapangan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Binjai, Muhammmad Surya, Sabtu (23/2), mengatakan angin puting beliung terjadi akibat hujan deras yang melanda Kecamatan Binjai Selatan dan Binjai Kota.

Selain itu, menurut dia, juga terjadi pohon tumbang yang menutupi badan jalan di Jalan Gunung Kerinci Kelurahan Tanah Merah dan Kelurahan Bakti Karya.

"Akibat angin puting beliung, juga mengakibatkan ambruknya sebuah tenda acara yang dilaksanakan di lapangan Merdeka Kota Binjai," ujar Surya.

Pemantauan di lapangan, akibat angin puting beliung itu, BPBD Binjai menurunkan satu regu yang terdiri dari 30 personel untuk melakukan evakuasi dan melaksanakan patroli.

Bahkan, petugas BPBD Binjai kelihatan membersihkan puing-puing dan melakukan pemotongan pohon yang tumbang.

Kemudian, melakukan pendataan dan evakuasi rumah yang mengalami rusak sedang.

Akibat bencana puting beliung di Binjai, rumah milik Novianti (31) yang tengah ditempati dan juga rumah kosong mengalami rusak sedang,

Satu unit tempat usaha ternak ayam milik Fulay di Binjai mengalami rusak sedang.

Baca juga: Puting beliung rusak 330 rumah di Kota Binjai
Baca juga: Sebanyak 435 KK korban puting beliung Binjai dapat bantuan
 

Pewarta: Munawar Mandailing
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019