Produk olahan dari tanaman pangan dan hortikultura mendominasi pusat oleh-oleh yang ada di Rasau Jaya, meskipun yang segar juga ada
Pontianak, (ANTARA News) - Beragam cara untuk meningkatkan nilai tambah petani dan satu di antaranya bisa melalui produk olahan dari hasil pertanian dilakukan oleh masyarakat di Kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat.

"Di Kecamatan Raya Jaya, terutama di pusat kecamatan sangat mudah menemukan beragam produk olahan yang dihasilkan masyarakat, baik dari petani sendiri yang mengelola maupun pelaku UMKM yang ada," kata Kepala Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Hortikultura Kalimantan BaratI(Kalbar), Heronimus Hero, di Pontianak, Minggu.

Iia menjelaskan bahwa di toko oleh-oleh yang berada di pinggir jalan di Rasau Jaya, produk olahan sangat beragam.

"Produk olahan dari tanaman pangan dan hortikultura mendominasi pusat oleh-oleh yang ada di Rasau Jaya. Meskipun yang segar juga ada. Jadi bagi orang luar Rasau Jaya produk olahan pertanian bisa menjadi buah tangannya," kata Heronimus.

Dia menilai, produk olahan yang dihasilkan bisa meningkatkan pendapatan atau kesejahteraan petani atau masyarakat. Apalagi teknologi untuk pengelolahan sederhana dan produknya sangat diminati masyarakat.

"Tentunya produk olahan nilai tambahnya lebih tinggi dibandingkan produk segar. Namun secara umum adan segmennya masing-masing, dan sesuai kebutuhan masyarakat," ujar Heronimus.

Pihaknya terus mendorong masyarakat untuk bangga bertani atau pun bergerak di agrobisnis.

Menurut dia, peluang kedua hal tersebut sangat besar dan terus dibutuhkan.

"Kita harus bangga bertani sebab selalu dibutuhkan. Petani memiliki peranan penting untuk bangsa ini," katanya.

Satu di antara pemilik toko oleh-oleh di Rasau Jaya, Muslim mengatakan, produk olahan yang dijualnya merupakan produk yang dihasilkan masyarakat setempat.

Ia mengatakan, beragam oleh - oleh yang dihasilkan masyarakat seperti belasan jenis kerupuk, baik dari keladi (talas), ubi, beras, jagung dan lainnya. Begitu juga aneka minuman, buah segar dan lainnya.

"Di sini puluhan jenis produk olahan masyarakat yang kita jual. Alhamdulillah ramai peminatnya. Tentu dari luar daerah sini yang beli," ujar Muslim.

Baca juga: Kubu Raya dukung pengembangan budidaya jeruk keprok

Baca juga: BI-IPB Tinjau Potensi Hortikultura Kubu Raya

Baca juga: Pemkab Kubu Raya Dorong Petani Gunakan Tricoderma

Baca juga: Distanak Kubu Raya Patenkan Tiga Jenis Buah

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019