Jakarta (ANTARA News) - Perhelatan Oscar menjadi salah satu yang dinanti para penggiat industri hiburan di Hollywood. Ada beragam spekulasi mengenai para pemenang tahun ini. Berikut tanya jawab seputar perhelatan ke-91 itu, seperti dilansir Vogue. 

Siapa yang masuk nominasi Oscar 2019? 

Nominasi Oscar 2019 sudah diumumkan pada 22 Januari, sebagian besar mencerminkan penghargaan tahun ini. Film "Roma" dan "The Favorite" memimpin, dengan masing-masing 10 nominasi dan masuk dalam kategori utama, yakni Film Terbaik. Keduanya bersaing dengam "Green Book", "Vice", "A Star Is Born", "Blackkklansman", "Black Panther" dan "Bohemian Rhapsody". 

Untuk kategori lainnya, selengkapnya di sini:

Siapa yang menjadi host? 

Kevin Hart mengundurkan diri dari posisi ini tiga hari setelah diumumkan bahwa ia akan menghadiri upacara Oscar tahun 2019. Dalam sebuah unggahan di Twitter, komedian itu membahas kontroversi yang mengelilingi pemilihannya, berkaitan dengan tweet dan komentar homofobia.

"Saya telah membuat pilihan untuk mundur dari host  Oscar tahun ini, karena aku tidak ingin menjadi pengalih perhatian pada malam yang harus dirayakan oleh begitu banyak seniman berbakat yang luar biasa," tulis dia. 

Akhirnya, Oscar tahun ini akan menjadi yang pertama dalam 30 tahun tanpa ada host, namun mengandalkan  lebih banyak pada presenter, termasuk Whoopi Goldberg, Jennifer Lopez, Daniel Craig, Brie Larson, Charlize Therpada, Awkwafina, Constance Wu, Tina Fey, Amy Poehler, Chris Evans, Maya Rudolph, Amandla Stenberg dan Tessa Thompson. 

Selain mereka ada juga Helen Mirren, Michael B. Jordan, Pharrell Williams, Danai Gurira, Paul Rudd, Michelle Yeoh dan Michael Keaton. 

Siapa yang tampil di Oscar 2019?

Sesuai tradisi, nominasi untuk Best Original Song akan tampil, termasuk Bradley Cooper dan Lady Gaga yang akan bekerja sama sekali lagi untuk membawakan lagu "Shallow" dari A Star Is Born. 

Merayakan kesuksesan film "Bohemian Rhapsody", Queen dan Adam Lambert juga akan tampil di upacara dan dikabarkan akan membuka pertunjukan.

Siapa yang diprediksikan menang di Oscar 2019?

Mengingat ajang Golden Globes, BAFTA, SAG dan Critics 'Choice Awards telah berlangsung, maka favorit untuk setiap kategori telah dipersempit. Jika kita menebak sekarang, muncul Close, Rami Malek dan "Roma" yang diprediksi menang besar. 

Kapan dan di mana Oscar 2019 berlangsung?

Penghargaan akan berlangsung di Dolby Theatre di Hollywood, Los Angeles, malam ini dan akan disiarkan langsung di The ABC Television Network.

Baca juga: Panggung Oscar 2019 bertabur kristal Swarvoski

Baca juga: Oscar 2019: Cara streaming hingga deretan nominasi

Baca juga: Daftar nominasi Oscar 2019, "Roma" dan "The Favourite" memimpin

Penerjemah: Lia Wanadriani Santosa
Editor: Monalisa
Copyright © ANTARA 2019