Yogyakarta (ANTARA News) - Tim putra Jakarta Pertamina Energi pertahankan posisi tiga Proliga seperti tahun lalu setelah mengalahkan Palembang Bank Sumsel Babel 3-1 (23-25, 28-26, 25-21, 25-17) di Grandfinal Proliga 2019 di GOR Amongrogo, Yogyakarta, Minggu.

"Pertandingan perebutan tempat ketiga dan keempat adalah pertandingan yang paling sulit. Kesulitannya adalah membangkitkan mental pemain saat bertanding," kata pelatih kepala Jakarta Pertamina Energi Putut Marheanto usai pertandingan.

Meskipun sempat tertinggal di set pertama, namun pemain Jakarta Pertamina Energi mampu membalikkan keadaan dan bangkit di tiga set terakhir untuk menghentikan harapan Palembang Bank Sumsel Babel meraih posisi ketiga Proliga 2019.

"Saya hanya mengatakan ke pemain untuk bermain lebih semangat lagi karena ini adalah pertandingan terakhir. Bagaimana pun juga, pertandingan ini harus bisa memberikan kenangan yang indah untuk seluruh pemain yang sudah berjuang dari awal, termasuk untuk pemain asing," kata Putut.

Sedangkan pelatih kepala Palembang Bank Sumsel Babel Pascal Wilmar mengatakan, permainan anak asuhnya memang sulit berkembang meskipun sempat unggul di set pertama.

"Sepertinya para pemain masih trauma dengan kekalahan di Malang. Untuk membangkitkan mental mereka sangat sulit dan inilah yang terjadi," kata Wilmar yang harus puas meraih posisi keempat Proliga 2019.

Pada pertandingan tersebut, kedua tim berusaha untuk tetap menampilkan permainan terbaiknya meskipun hanya memperebutkan posisi ketiga dan keempat.

Perolehan poin kedua tim pun hampir selalu ketat di tiap set, bahkan di set keempat, kedua tim berbagi angka hingga kedudukan 12-12 sebelum akhirnya Jakarta Pertamina Energi bisa keluar dari tekanan dan unggul dua poin menjadi 14-12.

Momentum tersebut tidak disia-siakan dan mampu dimanfaatkan dengan baik oleh Jakarta Pertamina Energi untuk terus unggul dalam perolehan poin hingga meraih kemenangan. Aleksander Minic memastikan kemenangan sertelah servisnya tidak mampu dikembalikan lawan.
Baca juga: Putri PGN Popsivo Polwan juara Proliga 2019
Baca juga: Putri Jakarta BNI rebut posisi tiga Proliga 2019

Pewarta: Eka Arifa Rusqiyati
Editor: Bayu Kuncahyo
Copyright © ANTARA 2019