Jakarta (ANTARA News) - Kabid Humas Polda Metro Jaya Kombes Pol Argo Yuwono mengatakan total 34 kapal terbakar dalam kebakaran besar yang terjadi pada Sabtu (23/2) di Pelabuhan Muara Baru, Penjaringan, Jakarta Utara.

"Totalnya ada 34 kapal yang terbakar, di dalam kolam ada 27 kapal dan ada tujuh kapal di luar," ujarnya saat ditemui di lokasi kebakaran, Minggu.

Dijelaskannya bahwa saat ini petugas dari Pusat Laboratorium Forensik (Puslabfor) Polri belum bisa memulai penyelidikan untuk mengetahui sumber api dan penyebab kebakaran karena kapal yang menjadi lokasi kebakaran masih digenangi air.

"Semua nanti akan diperiksa oleh Labfor dan ini kita sedang mengambil airnya karena banyak air di dalam kapal. Setelah air terkuras, baru Labfor akan turun ke dek dan dek mesin untuk melihat awal mulanya kebakaran seperti apa, percikan api seperti apa," ujarnya.

Terkait berapa lama waktu yang diperlukan, Argo belum bisa memastikan karena masih menunggu genangan air di kapal yang terbakar itu dikuras.

"Kita belum bisa mengidentifikasi kapan waktunya, sampai nanti genangan itu air di kapal kering kita bisa bekerja," ujarnya.

Argo juga menambahkan bahwa ada beberapa kapal yang tenggelam, hanya saja jumlah pastinya belum diketahui.

Baca juga: Kapolda: tujuh saksi diperiksa terkait kebakaran kapal di Muara Baru
Baca juga: Gulkarmat: 18 kapal terbakar di Pelabuhan Muara Baru

 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019