Ada sebanyak 185 pejabat, pegawai dan tenaga harian lepas Dinkes Sulut mengkuti tes urine itu
Manado, (ANTARA News) - Badan Narkotika Nasional (BNN) Sulawesi Utara (Sulut) melakukan tes urine terhadap pejabat, dan pegawai Dinas Kesehatan (Dinkes) provinsi tersebut, di Manado, Senin.

"Ada sebanyak 185 pejabat, pegawai dan tenaga harian lepas Dinkes Sulut mengkuti tes urine itu," kata Kepala Bidang Pencegahan dan Pemberdayaan Masyarakat BNN Provinsi Sulut, Sem Repi.

Ia menambahkan dari hasil pelaksanaan tes itu, tidak ada yang positif, semuanya negatif.

Tes uirne ini merupakan salah satu bentuk sinergi antara BNN Provinsi Sulut dengan instansi lainnya seperti Dinkes dalam upaya Pencegahan Pemberantasan Penyalahgunaan dan Peredaran Gelap Narkoba (P4GN).

Kegiatan itu merupakan salah satu upaya deteksi dini dalam mencegah dan memberantas narkoba.

"Tes urine ini juga merupakan implementasi dari Inpres nomor 6 tahun 2018 tentang rencana aksi nasional P4GN," katanya.

Kepala Dinkes Sulut diwakili Sekretaris Dinas, Louisa M. Pongajouw, mengatakan pelaksanaan kegiatan ini adalah bentuk dukungan pemerintah Provinsi Sulut dalam menciptakan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang bersih dari penyalahgunaan narkoba.

Tes urine tersebut dilakukan di kantor Dinkes Sulut, Jalan 17 Agustus Manado. Satu per satu para ASN dan tenaga harian lepas diambil sampel urinenya kemudian dilakukan tes secara terbuka dan pelaksanaannya mendapat penjagaan ketat dari petugas BNNP Sulut.

Baca juga: BNNP Sulut tes urine pegawai Lapas Manado

Baca juga: BNN Sulut rehabilitasi pengguna narkoba secara gratis

Baca juga: Puluhan pengguna narkoba direhabilitasi BNN Manado

Pewarta: Jorie MR Darondo
Editor: Andi Jauhary
Copyright © ANTARA 2019