counter

Kemenpora sepakati anggaran pelatnas tiga cabang olahraga

Kemenpora sepakati anggaran pelatnas tiga cabang olahraga

Menpora Imam Nahrawi (kanan) menyaksikan penandatanganan nota kesepahaman anggaran pelatnas oleh Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Djoko Pramono (kiri) di kantor Kemenpora, Jakarta, Senin (25/1). (Humas Kemenpora)

Total dana untuk prestasi olahraga sebesar Rp500 miliar
Jakarta (ANTARA News) - Kementerian Pemuda dan Olahraga menyepakati anggaran pemusatan latihan nasional untuk cabang angkat besi, bulu tangkis, dan wushu menuju SEA Games 2019 dan kualifikasi Olimpiade 2020.

"Kami ingin memastikan pemusatan latihan nasional harus mulai berlangsung pada pekan ini dengan memberikan prioritas kepada atlet-atlet junior dalam persiapan menuju SEA Games," kata Menpora selepas menyaksikan penandatanganan kesepahaman anggaran antara perwakilan cabang olahraga dengan perwkilan Kemenpora di Jakarta, Senin.

Menpora meminta anggaran dana pelantas SEA Games 2019 dan kualifikasi Olimpiade Tokyo 2020 itu dapat dimanfaatkan sebaik mungkin dan pertanggungjawabannya dilakukan dengan tertib sesuai dengan peraturan perundang-undangan.

"Total dana untuk prestasi olahraga sebesar Rp500 miliar. Dana itu dibagi dua yaitu untuk cabang-cabang prestasi sekira Rp312 miliar dan untuk Komite Paralimpiade Nasional sebesar Rp150 miliar sebagai persiapan tim ASEAN Para Games," kata Menpora.

Pelaksana tugas Deputi IV Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kemenpora Candra Bhakti mengatakan alokasi anggaran pelatnas untuk cabang bulu tangkis sebesar Rp14 miliar. Kemudian, cabang angkat besi dan wushu masing-masing mendapatkan Rp11 miliar untuk pelatnas SEA Games dan kualifikasi Olimpiade.

"Kami mengupayakan pencairan pada Jumat (1/3) karena anggaran bantuan pemerintah itu di atas Rp2 miliar harus didaftarkan ke Kantor Pelayanan dan Perbendarahaan Negara (KPPN)," kata Candra.

Penandatanganan nota kesepahaman anggaran pelatnas tiga cabang olahraga itu dilakukan oleh Pejabat Pembuat Komitmen Deputi IV Kemenpora Muhammad Gajah Nata Surya dengan Wakil Ketua Umum Pengurus Besar Persatuan Angat Berat, Binaraga, dan Angkat Besi Seluruh Indonesia (PB PABBSI) Djoko Pramono, Sekretaris Jenderal Pengurus Besar Wushu Indonesia (PB WI) Ngatino, dan Kepala Bidang Pembinaan dan Prestasi Persatuan Bulu Tangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Susy Susanti.

Menpora Imam Nahrawi mengatakan cabang-cabang olahraga akan mendapatkan sanksi terkait anggaran jika tidak dapat mencapai target dalam SEA Games ataupun kualifikasi Olimpiade.

"Jika tidak sesuai target, anggaran akan diturunkan pada tahun berikutnya. Kami akan berlakukan penghargaan dan hukuman. Ini adalah kesempatan bagus bagi cabang olahraga untuk meyakinkan sponsor agar membantu rencana kerja mereka," kata Menpora.

Baca juga: Kemenpora minta JSC Palembang bersiap untuk Olimpiade

Baca juga: Kemenpora pastikan anggaran pelatnas SEA Games cair Januari

 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Junaydi Suswanto
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar