Bandarlampung (ANTARA News) - Pemerintah Kota Bandarlampung membentuk Tim Gugus Kota Layak Anak (KLA) untuk mencapai tingkatan madya untuk daerah setempat.

Asisten I Bidang Kesra Pemkot Bandarlampung, Sukarma Wijaya di Bandarlampung, Senin, mengatakan pada tahun ini Bandarlampung berupaya meningkatkan prestasi dari tahun lalu yang mendapatkan tingkat pratama.  "Kita upayakan dari pratama menjadi madya tahun ini, syukur bila dapat utama," ujar dia.

Oleh karena itu, lanjutnya untuk mendapatkan predikat ataupun tingkatan di atas pratama diperlukan kerja sama semua organisasi perangkat daerah yang bersangkutan dalam KLA tersebut karena program itu tidak bisa dijalankan sendiri-sendiri.

Selain itu, menurutnya harus pula memperkuat kelembagaan dan meminta komitmen para kepala OPD untuk benar-benar serius dalam memperhatikan Kota Layak Anak ini.

Ia juga mengatakan untuk menjadikan Kota Bandarlampung sebagai salah satu KLA ada beberapa indikator yang harus diperhatikan, seperti mempersiapkan sekolah layak anak, lahan terbuka anak, layanan pengaduan anak, menekan angka pernikahan dini, dan hak anak mendapatkan pendidikan sekolah.

"Semua indikator tersebut akan kami tingkatkan dalam upaya mencapai KLA Kota Bandarlampung menjadi madya," tambah Sukarma.

Baca juga: Empat pemimpin daerah raih penghargaan Sahabat Ramah Anak
Baca juga: KPPPA: Kabupaten/Kota Layak Anak bukan masalah penghargaan
Baca juga: KPPPA berupaya percepat Kabupaten Layak Anak

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019