Saya yakin karena masyarakat Lombok cukup terbuka dan Lombok sudah menjadi daerah wisata lebih dari 15 tahun perkembangannya
Jakarta (ANTARA News) - Sekretaris Kabinet Pramono Anung mengatakan pagelaran Moto GP yang rencananya dilaksanakan di Mandalika, Lombok Tengah pada 2021 diharapkan dapat menjadi daya tarik baru pariwisata di kawasan itu.

"Kalau terselenggara 2021, tentu ini sangat positif bagi perkembangan 'sport' dan juga wisata Indonesia," kata Pramono di kantor Sekretariat Kabinet, Jakarta pada Senin.

Menurut Pramono, pemerintah serius mengembangkan Mandalika sebagai kawasan ekonomi khusus yang menawarkan wisata pantai dan olahraga. Dia menjelaskan masyarakat di Pulau Lombok juga siap dengan pengembangan ke arah sektor pariwisata itu.

"Saya yakin karena masyarakat Lombok cukup terbuka dan Lombok sudah menjadi daerah wisata lebih dari 15 tahun perkembangannya," ujar Pramono.

Dengan berkaca kepada keberhasilan penyelenggaran Asian Games Ke-18 dan Asian Para Games, Pramono menjelaskan Indonesia menunjukkan diri sebagai negara berkembang kelas menengah keatas.

"Untuk itu, apa yang dilakukan pemerintah dengan MotoGP, kemudian bidang Olimpiade, memang ini visi ke depan untuk menjadi bangsa besar, bangsa pemenang," demikian Pramono.

Indonesia tengah menyiapkan infrastruktur untuk arena balap MotoGP yakni di Sirkuit Mandalika, Kabupaten Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat.

Organisasi penyelenggaran MotoGP Dorna Sport telah menandatangani kesepakatan dengan Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC) di Spanyol pada akhir Januari 2019.

Konsep Sirkuit Mandalika yakni bertipe sirkuit jalanan yang mulai dibangun pada Oktober 2019 dengan target penyelesaian pada 2020. 

Baca juga: Mandalika diusulkan jadi destinasi wisata olah raga

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019