Jakarta (ANTARA News) - Suku Dinas Pemuda dan Olahraga (Sudin Pora) Jakarta Utara membuka peluang bagi 600 pemuda-pemudi untuk bergabung dalam Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) tingkat kota.

Kepala Suku Dinas Pemuda dan Olahraga Jakarta Utara, Heru Haryanto, mengatakan seleksi dibagi menjadi dua tahap yakni seleksi tingkat kecamatan pada 24 Maret 2019 dan tingkat kota pada 30-31 Maret 2019.

"Kita membuka kuota 600 peserta di tingkat kecamatan dan 300 peserta tingkat kota," kata Heru, saat dikonfirmasi, Senin (25/2).

Dijelaskannya, seleksi akan menjaring 54 peserta yang akan bergabung dalam Paskibraka 2019 dengan pengibaran bendera merah-putih pada hari kemerdekaan di kantor Wali kota Jakarta Utara sebagai tugas pertamanya.

"Beberapa dari mereka yang terpilih juga akan kita rekomendasikan untuk seleksi Paskibraka tingkat provinsi dan nasional," jelasnya.

Ketua Purna Paskibraka Indonesia (PPI) Jakarta Utara, Satrya Nico Firdaus menerangkan, seleksi tingkat kecamatan dan kota akan digelar di kantor Wali kota Jakarta Utara. Peserta setingkat Sekolah Menengah Atas (SMA) sederajat berasal dari undangan maupun pendaftaran untuk mengikuti seleksi.

"Indikator yang kita seleksi antara lain postur tinggi badan, kesehatan, psikologi dan kemampuan fisik," jelasnya.

Sebelum seleksi digelar, pihaknya akan menggelar latihan gabungan dengan alumni Paskibraka tahun sebelumnya di kantor Wali kota Jakarta Utara, pada Sabtu (3/3) mendatang. Kegiatan ini bertujuan menggugah semangat peserta seleksi Paskibraka 2019 yang hadir nanti.

"Tidak hanya latihan gabungan, tapi ada diskusi dan berbagi pengalaman dari alumni Paskibraka tingkat kota, provinsi sampai nasional. Yang menarik ada juga peragaan busana seragam Paskibraka," tutupnya.

Baca juga: Pembawa bendera berjuang menahan senyum selama tugas
Baca juga: Kapolres Bangka berikan SIM C gratis untuk Paskibraka


 

Pewarta: Fianda Sjofjan Rassat
Editor: Edy Sujatmiko
Copyright © ANTARA 2019