MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan. Kerja sama ini mencakup kerja sama secara strategis maupun operasional
Jakarta, (ANTARA News) - PT Pertamina (Persero) dan Petroliam Nasional Berhad (Petronas) menandatangani nota kesepahaman untuk bersinergi dalam mengembangkan bisnis migas dan turunannya.. 

Kerja sama tersebut tidak hanya di kedua negara namun juga menjajaki peluang bisnis lainnya di luar wilayah Indonesia dan Malaysia.

Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Resiko Pertamina, Heru Setiawan dalam keterangan tertulis yang diterima Antaranews.com di Jakarta, Selasa menyatakan, sinergi antara kedua perusahaan ini merupakan realisasi dari kerja sama Government to Government (G to G) yang sudah terjalin cukup erat sebelumnya. 

“MoU ini menjadi payung untuk membangun sinergi bisnis yang saling menguntungkan antara kedua perusahaan.  Kerja sama ini mencakup kerja sama secara strategis maupun operasional,” ujar Heru.

Menurut Heru, kedua pihak akan menjajaki kemungkinan kerja sama mulai dari bidang hulu hingga hilir. Diantaranya adalah penelitian dan pengembangan, studi eksplorasi migas termasuk penerapan teknologi di blok migas dengan kesulitan CO2 tinggi, perdagangan sejumlah produk migas dan turunannya (kondensat dan petrokimia), dan energi terbarukan.

Kerja sama yang akan dijalankan pun bukan hanya berlokasi di Indonesia dan Malaysia, namun dapat dikembangkan ke negara lain seperti pengolahan minyak di Asia Timur dan penjajakan bersama peluang bisnis di benua lain.

Di bidang niaga, kedua perusahaan sepakat untuk melakukan pertukaran minyak mentah antara bagian produksi di Malaysia (Lapangan Kikeh, Kimanis dan Kidurong) dengan bagian produksi di Indonesia (Lapangan Jabung dan Ketapang). 

Hadir dalam penandatangan kerja sama itu dari Pertamina antara lain Direktur Perencanaan Investasi dan Manajemen Risiko (PIMR) Heru Setiawan dan Direktur Hulu Dharmawan H. Samsu. Sementara dari pihak Petronas, hadir EVP dan CEO of Upstream Business Datuk Mohd Anuar Taib, EVP dan CEO of Downstream Business Datuk Md Arif Mahmood, dan SVP Corporate Strategy En Mohamed Firouz Asnan.

 

Pewarta: Afut Syafril Nursyirwan
Editor: Ahmad Buchori
Copyright © ANTARA 2019