counter

PMI Banjarnegara terjunkan 20 relawan ke lokasi longsor

PMI Banjarnegara terjunkan 20 relawan ke lokasi longsor

Relawan PMI mendirikan tenda untuk posko kesehatan darurat di lapangan Desa Kepakisan, Batur, Banjarnegara, Jawa Tengah, Rabu (24/4). Posko tersebut akan digunakan sebagai posko kesehatan bagi korban gempa bumi Dieng. (FOTO ANTARA/Anis Efizudin)

PMI menerjunkan sedikitnya 20 relawan yang berbagi peran di lapangan mulai dari evakuasi, dapur umum hingga pelayanan kesehatan
Banjarnegara  (ANTARA News) - Palang Merah Indonesia (PMI) Kabupaten Banjarnegara menerjunkan 20 relawan ke lokasi longsor dan tanah bergerak di Desa Kebutuhjurang guna membantu masyarakat yang terdampak bencana. 

"PMI menerjunkan sedikitnya 20 relawan yang berbagi peran di lapangan mulai dari evakuasi, dapur umum hingga pelayanan kesehatan untuk pengungsi," kata Humas PMI Banjarnegara M. Alwan Rifai di Banjarnegara, Selasa. 

Ia menjelaskan, ada sekitar 26 kepala keluarga dan 87 pengungsi akibat tanah bergerak di Dusun Kalientok, Desa Kebutuhjurang, Kecamatan Pagedongan yang terjadi pada tanggal 13 Februari yang lalu. "Pengungsi tersebar di beberapa lokasi rumah warga secara komunal," katanya. 

Seluruh pengungsi, kata dia, mendapatkan logistik sesuai dengan jumlah jiwa per KK yang ditangani secara sinergi antara BPBD Banjarnegara, PMI dan Dinas Sosial. 

Sementara itu, empat rumah milik warga yang berada di Dusun Kalientok, yang mengalami kerusakan dan sudah tidak layak huni akibat pergerakan tanah dibongkar oleh relawan gabungan. 

Pembongkaran rumah dilakukan setelah melalui hasil rapat kordinasi dan persetujuan pemilik rumah karena sudah tidak aman lagi untuk dihuni. 

"Pembongkaran dilakukan oleh relawan gabungan BPBD, PMI, Sibat, Tagana, Bagana, Kokam dibantu perangkat desa dan masyarakat," katanya. ?Pembongkaran dilakukan selama tiga hari dan dilakukan pemilahan material yang masih bisa dipakai seperti genteng, kayu kusen, pintu, jendela, dan batu bata yang masih bisa dipakai kembali. 

"Selama kegiatan kerja bakti pembongkaran rumah warga terdampak PMI mendukung logistik dan peralatan dapur umum untuk melayani relawan yang bertugas dengan produksi mencapai 150 bungkus sehari," katanya.

Pelayanan kesehatan untuk warga dan pengungsi, kata dia, juga dilakukan PMI bersama bidan desa agar pengungsi terlayani dengan baik dan terjaga kesehatannya.

Baca juga: PMI kerahkan personel untuk menangani longsor-banjir
Baca juga: PMI Penajam himpun dana untuk korban Banjarnegara

Pewarta: Wuryanti Puspitasari
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar