counter

Kedubes Rusia kenalkan Islam di negaranya lewat pameran foto

Kedubes Rusia kenalkan Islam di negaranya lewat pameran foto

Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva dalam pameran foto "Tradisi Muslim Rusia" di Bayt Al-Quran dan Istiqlal Museum, TMII, Jakarta, Selasa (26/2/2019). (ANTARA News/Azis Kurmala)

Jakarta (ANTARA News) - Kedutaan Besar Rusia di Indonesia coba mengenalkan kehidupan dan kebudayaan umat Islam di Negeri Beruang Merah kepada publik di Indonesia lewat pameran foto.

"Ada 120 foto yang diambil dari delapan distrik di Rusia. Delapan distrik itu, antara lain Volga, Ural, Kaukasus, Moskow, Saint Petersburg, serta Siberia Barat," kata Duta Besar Rusia untuk Indonesia Lyudmila Vorobieva di Museum Bayt Al-Quran dan Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa.

Foto-foto tersebut diharapkan dapat memberikan gambaran kegiatan 20 juta penduduk Muslim Rusia kepada masyarakat Indonesia.

Pameran bertajuk "Tradisi Muslim Rusia" yang diselenggarakan di Museum Istiqlal TMII itu berlangsung sejak 26 Februari hingga 18 Maret 2019.

Beberapa foto yang dipajang dalam pameran foto "Tradisi Muslim Rusia" di Museum Bayt Al-Quran dan Istiqlal, Taman Mini Indonesia Indah (TMII), Jakarta, Selasa (26/2/2019). (ANTARA News/Azis Kurmala)


Berdasarkan pantauan Antara, pameran foto tersebut, antara lain menampilkan perayaan Idul Fitri, Idul Adha, seni merajut kerudung, kegiatan membaca Al-Qur'an pernikahan maupun pameran produk halal.

Sementara itu, Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin mengungkapkan pameran itu memperlihatkan betapa sangat berwarna kehidupan dan kebudayaan Islam di Rusia sejak puluhan tahun lalu.

Menurut Lukman, meskipun dulu bangsa Indonesia mengenal Rusia sebagai negara yang menganut ideologi komunis, namun sebenarnya kehidupan keagamaan di tingkat bawah tetap ada.

Sayangnya, lanjut dia, kehidupan keagamaan di tingkat bawah itu tidak terekspos secara besar-besaran.

Oleh karena itu, Lukman berharap agar pameran foto tersebut menunjukkan ajaran Islam yang menebarkan kedamaian dan kerukunan di dunia.

Baca juga: Menag harapkan pameran foto Muslim Rusia jadi sarana pembelajaran

Baca juga: Kemkominfo-mpn gelar pameran foto refleksi pemilu

Baca juga: Ridwan Kamil melepas penat dengan berburu foto

Pewarta: Azis Kurmala
Editor: Azizah Fitriyanti
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Penerbitan sertifikasi halal bukan lagi wewenang MUI

Komentar