Jakarta (ANTARA News) - Tim Kampanye Nasional (TKN) Joko Widodo-KH Ma'ruf Amin, akan tetap menampilkan Cawapres KH Ma'ruf Amin apa adanya sebagai kiai pada Debat Capres ketiga yang akan diselenggarakan pada 17 Maret mendatang.

"TKN akan menampilkan Kiai Ma'ruf tetap sebagai kiai Ma'ruf, tidak akan mengubah tampilan dan gaya bicaranya," kata Usman Kansong di Media Center, Cemara, Jakarta, Selasa.

Menurut Usman Kansong, menghadapi Debat Capres ketiga yang akan menampilkan Cawapres 01 KH Ma'ruf Amin dan Cawapres 01 Sandiaga Uno, TKN memang memberikan masukan-masukan soal isu dan substansi materi debat serta penampillan di panggug  saat debat.

Namun, masukan soal penampilan itu hanya pada bahasa tubuh dan bukan penampilan keseluruhan yang menjadi ciri khas KIai Ma'ruf. "TKN tidak mau pencitraan.  Kiai Ma'ruf tetap sebagai Kiai Ma'ruf. Kiai Ma'ruf yang berkain sarung tetap memakai kain sarung," katanya.

Juru Bicara TKN Jokowi-Ma'ruf ini menegaskan, pada Debat Capres, Jokowi tetap sebagai Jokowi serrta Kiai Ma'ruf tetap sebagai Kiai Ma'ruf, tidak akan diubah penampilannya. "TKN memberikan masukan kepada Kiai Ma'ruf soal isu terkini dan substansi debat seuai dengan tema yang telah ditetapkan KPU," katanya.

Soal isu akatual dan substansi persoalan seuai dengan tema, kata dia, sudah dipersiapkan oleh TKN yang nantinya akan dibiskusikan dengan Kiai Ma'ruf. "Kalau teknis penampilan, TKN masih menunggu keputusan rapat pleno KPU. TKN akan mematuhi aturan yang telah ditetapkan KPU," katanya.

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019