counter

Piala AFF U-22

KOI minta Timnas U-22 pertahankan prestasi pada SEA Games 2019

KOI minta Timnas U-22 pertahankan prestasi pada SEA Games 2019

Ketua Komite Olimpiade Indonesia (KOI) Erick Thohir di Jakarta, Kamis (15/11/2018), menyatakan minatnya untuk membantu persepakbolaan Indonesia melalui klub ataupun sebagai pengelola liga. Namun, Erick belum menyebut kapan akan masuk secara penuh dalam industri sepak bola Indonesia. (Antara/Imam Santoso)

Jakarta (ANTARA) - Komite Olimpiade Indonesia (KOI) meminta tim sepak bola Indonesia U-22 untuk mempertahankan prestasi yang diraih dalam Piala AFF U-22 2019 di Kamboja dalam SEA Games di Filipina pada November-Desember mendatang.

"Kami dari KOI sangat bangga atas prestasi tim sepak bola Indonesia U-22 dalam kejuaraan Piala AFF 2019 setelah mengalahkan Thailand pada laga final. Kami berharap timnas U-22 mempertahankan prestasi itu dalam SEA Games yang akan datang," kata Ketua Umum KOI Erick Thohir dalam pesan singkat yang diterima Antara di Jakarta, Selasa malam.

Timnas U-22 meraih gelar juara Piala AFF U-22 setelah menundukkan tim Thailand 2-1 pada laga final di Stadion Nasional, Phnom Penh, Kamboja, Selasa malam.

Dua gol dari Sani Rizki Fauzi dan Osvaldo Ardiles Haay mengantar Indonesia mengubur keunggulan yang sempat dimiliki Thailand melalui Saringkan Promsupa.

Ini kali kedua Indra Sjafri membawa Indonesia juara di tingkat AFF setelah menjuara Piala AFF U-19 2013 silam.

"Itu adalah salah satu prestasi terbaik sepak bola nasional karena sejak laga penyisihan di Kamboja timnas tidak pernah terkalahkan. Sepak bola Indonesia maju!" kata Erick.

Pada babak kedua, tim Thailand masih mempertahankan strategi mereka mencari bola-bola mati hingga akhirnya Promsupa berhasil membawa Pasukan Gajah Putih unggul lewat tandukannya menyambut tendangan bebas pada menit ke-57. Kedudukan 0-1 bagi Indonesia.

Namun keunggulan itu tak bertahan lama, lantaran dalam kesempatan serangan balasan pertama Sani melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti yang sempat membentur pemain bertahan Thailand sebelum mengecoh Korraphat dan membuat kedudukan menjadi imbang 1-1 pada menit ke-59.

Sukses menyamakan kedudukan, Indra berusaha menambah tenaga segar dengan memasukkan Todd Rivaldo Ferre menggantikan Gian Zola Nasrulloh Nugraha.

Momentum positif bagi Indonesia berlanjut dan Osvaldo kemudian dilanggar di sisi kanan serangan. M. Luthfi yang menghadapi bola mengirimkan umpan lambung yang berhasil disundul Osvaldo untuk memperdaya kiper Thailand dan melesak ke sudut tiang jauh sekaligus membawa Indonesia berbalik unggul 2-1 pada menit ke-64.

Thailand kembali memperoleh kesempatan menytamakan kedudukan, namun tendangan bebas Jedsadakorn Kowngam masih berhasil dijinakkan Awan Setho.

Baca juga: Indonesia juara!
Baca juga: Tonton final, Menpora gabung suporter Indonesia

 

Pewarta: Imam Santoso
Editor: Irwan Suhirwandi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Anak buruh serabutan jadi pahlawan AFF U-22

Komentar