Ini adalah konfirmasi dari kepercayaan dan niat baik yang telah ditimbulkan dan ini menjadi pertanda baik bagi hasil win-win...
New York (ANTARA News) - Kemajuan yang dicapai dalam putaran terakhir perundingan perdagangan antara Amerika Serikat dan China "sangat menggembirakan," kata seorang pakar Amerika .

Perundingan perdagangan telah "meninggalkan titik kegagalan yang tidak bisa diubah di kaca spion" meskipun "tingkat keberhasilan masih harus dilihat," kata Sourabh Gupta, seorang dekan senior di Institute for China-America Studies yang berbasis di Washington kepada Xinhua, melalui surat elektronik.

"Ini adalah konfirmasi dari kepercayaan dan niat baik yang telah ditimbulkan dan ini menjadi pertanda baik bagi hasil win-win dalam beberapa minggu -- jika tidak beberapa hari ke depan," katanya.

Dalam retrospeksi, pertemuan pekan lalu di Beijing "sangat penting," katanya. "Mereka memastikan bahwa perundingan telah melewati titik ambang kegagalan yang tidak dapat dibayangkan."

Gedung Putih telah mengancam untuk menaikkan tarif bea masuk menjadi 25 persen dari 10 persen terhadap 200 miliar dolar AS barang-barang Tiongkok ke negara itu, jika kedua belah pihak gagal mencapai kesepakatan tentang solusi gesekan perdagangan sebelum 1 Maret.

Menjelang tenggat waktu, para perunding China dan AS pada Minggu (24/2) mengakhiri putaran perundingan perdagangan terbaru dengan kemajuan substansial mengenai masalah-masalah khusus di Washington.

Presiden AS Donald Trump kemudian men-tweet bahwa dia "akan menunda" kenaikan tarif impor China yang dijadwalkan untuk 1 Maret, mengutip pembicaraan perdagangan "sangat produktif" antara kedua negara.

Baca juga: Trump isyaratkan kesepakatan dagang AS-China mungkin segera diteken

Baca juga: Analis: IHSG berpeluang lanjutkan tren positif, dipicu perundingan dagang AS-China

Baca juga: Wall Street ditutup menguat, efek kemajuan perundingan dagang AS-China


 

Pewarta: Apep Suhendar
Editor: Risbiani Fardaniah
Copyright © ANTARA 2019