Bali (ANTARA) - Sekretaris KONI Kota Denpasar, Bali Made Erwin Suryadarma menyatakan dengan kemenangan tim sepak bola Indonesia melawan Thailand skor 2-1, pada Piala Asean Football Federation (AFF) U-22 di di Olympic Stadium, Phnom Kamboja, pada Selasa (27/2) malam, menjadi kebanggaan seluruh bangsa Indonesia.

"Saya bangga dengan permainan sepak bola Tim Nasional (Timnas) Indonesia yang sangat gigih melawan Thailand. Berjuang mengejar bola untuk mempertaruhkan nama besar Indonesia dikancah sepak bola Asean," ujarnya.

Dengan pertandingan tersebut, kata dia, membuktikan bahwa potensi atlet-atlet sepak bola di Tanah Air cukup banyak. Namun perlu dilakukan pertandingan-pertandingan antar-klub di Indonesia semakin banyak. Karena dengan semakin banyak pertandingan, maka niat generasi muda yang punya kemampuan dalam cabang olahraga akan semakin bergairah.

"Di Indonesia perkembangan sepak bola cukup baik, karena itu pembibitan pemain berawal dari berdirinya klub-klub sepak bola yang hampir semua daerah ada. Dengan langkah tersebut akan dapat melihat pemain-pemain yang lebih intensif untuk dilatih, bahkan dilakukan penjaringan menjadi tim nasional," ujar Erwin yang juga mantan pemain sepak bola di Denpasar.

Erwin lebih lanjut mengatakan jika di masing-masing klub ada pemain terbaiknya bisa masuk tim nasional, pihaknya berkeyakinan ke depannya persepakbolaan di Tanah Air pasti lebih bergairah. Seiring timnas yang bermain di AFF mampu meraih juara pertama.

"Semoga cabang sepak bola di Tanah Air akan berkairah, seiring kemenangan tim nasional Indonesia pada pertandingan Piala AFF 2019 ini," ucapnya.

Baca juga: Walikota dan musisi apresiasi kemenangan Timnas U-22

Hal yang sama juga dikatakan Ketua Umum KONI Bali Ketut Suandi, bahwa potensi pemain sepak bola di Indonesia cukup banyak, namun perlu pembinaan yang intensif dan berkelanjutan, sehingga pada cabang olahraga tersebut mampu melahirkan pemain yang andal.

"Kami mengamati potensi bibit pemain sepak bola cukup banyak di Indonesia. Tapi yang lebih penting adalah pembinaan dari tingkat bawah. Dengan adanya klub-klub sepak bola, itu artinya potensi yang menjanjikan pemain-pemain andal," ucapnya.

Ia mengatakan saat ini sepak bola sangat disenangi masyarakat Indonesia, terbukti setiap pertandingan yang menonton hampir memenuhi stadion. Hal tersebut sebagai bukti pertandingan sepak bola mendapat simpati dihati warga.

"Sebagai contoh, setiap klub memiliki supporter fanatik. Sehingga setiap pertandingan akan dipenuhi penonton pendukungnya. Hal ini artinya dukungan dari masyarakat untuk timnya menang sangat besar. Karena itu dukungan tersebut juga menjadi pendorong lahirnya pemain-pemain baru masuk ke dalam timnas," ujarnya.

Suandi mengaku bangga dengan timnas menang menghadapi tim Thailand pada Piala AFF, semoga hal ini menjadi pemicu kepada pemain sepak bola lebih gencar untuk meraih kemenangan dalam setiap pertandingan.

"Semoga kemenangan timnas Indonesia pada pertandingan final Piala AFF menjadi pemicu dan mendorong pemain-pemain sepakbola yang andal. Begitu juga pada cabang olahraga sepakbola menjadi perhatian pemerintah dan perusahaan swasta untuk membantu dan memberi sporsor," katanya.



 

Pewarta: I Komang Suparta
Editor: Aris Budiman
Copyright © ANTARA 2019