Purwokerto (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah terus memantau pergerakan tanah yang terjadi di Desa Karangbawang.

"Pergerakan tanah khususnya di Grumbul Kalisalak, Desa Karangbawang, Kecamatan Ajibarang, terjadi sejak tanggal 21 Februari 2019 akibat hujan lebat yang terus-menerus mengguyur wilayah itu," kata Koordinator Tim Reaksi Cepat BPBD Kabupaten Banyumas Kusworo di Purwokerto, Kamis.

Akibat guyuran hujan tersebut, kata dia, tanah di Grumbul Kalisalak RT03/RW05 ambles berkisar 70-100 centimeter pada 21 Februari 2019.

Selanjutnya, tanah di wilayah tersebut kembali ambles pada 27 Februari 2019 dengan kedalaman berkisar 100-150 centimeter.

Kusworo mengatakan berdasarkan hasil pendataan, dua rumah warga terdampak pergerakan tanah tersebut sejak amblesan pertama.

"Rumah Pak Sukardi (68) retak-retak pada bagian lantai maupun tembok dapur sehingga hampir roboh dan saat ini, pemilik rumah sudah mengungsi ke tempat anaknya. Sementara rumah Pak Sumardi (70) mengalami kerusakan pada fondasi dan cakar ayam bagian belakang sudah menggantung sehingga dia bersama istrinya mengungsi ke rumah saudara," kata dia.

Ia menjelaskan hingga saat ini kerugian material akibat bencana tersebut masih dalam penghitungan karena pergerakan tanah terus terjadi.

Bahkan, kata dia, pergerakan tanah hingga saat ini sudah sampai area persawahan yang ada di bawah permukiman penduduk.

"Panjang area persawahan yang terdampak pergerakan tanah mencapai 75 meter dengan lebar 50 meter," kata dia.

Ia mengimbau masyarakat setempat untuk mewaspadai tiang listrik yang sudah mulai bergeser karena terdampak oleh pergerakan tanah.

Ia mengimbau warga yang terdampak pergerakan tanah itu segera meninggalkan lokasi tanah yang ambles ketika terjadi hujan agar risiko bencana dapat dikurangi.

Baca juga: Pergerakan tanah di Desa Kebutuhjurang terus dipantau BPBD Banjarnegara-Jateng
Baca juga: Alat deteksi longsor buatan BPBD Banjarnegara dipasang di Desa Kebutuhjurang
Baca juga: Kementerian ESDM terbitkan peta potensi gerakan tanah Februari 2019

Pewarta: Sumarwoto
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2019