Seratusan surat suara DPRD Rembang tersebut masuk dalam boks surat suara untuk Kabupaten Kudus
Kudus, Jateng (ANTARA News) - Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah menemukan 100-an surat suara DPRD untuk Kabupaten Rembang yang salah kirim ke Kudus.

"Seratusan surat suara DPRD Rembang tersebut masuk dalam boks surat suara untuk Kabupaten Kudus," kata anggota KPU Kudus Ahmad Cholil, di Kudus, Rabu.

Berkat kejelian petugas sortir dan lipat, kata dia, 100-an lembar surat suara untuk Kabupaten Rembang tersebut bisa diketahui.

Surat suara tersebut, lanjut dia, segera dipisahkan, kemudian dibuatkan berita acara atas temuan surat suara nyasar tersebut.

Sejak awal, kata Cholil, semua petugas sortir dan lipat diinstruksikan untuk mengecek dengan teliti sebelum dilipat.

"Tidak hanya soal kerusakan, melainkan peruntukan surat suara tersebut juga harus diteliti, agar tidak ada permasalahan di kemudian hari," ujarnya lagi.

Ia menambahkan surat suara yang diterima KPU Kudus berasal dari percetakan di Jakarta.

"Untuk memastikan apakah kasus serupa masih terjadi, maka petugas sortir diminta untuk lebih teliti, agar jangan sampai ada surat suara nyasar yang lolos sortir," ujarnya.

Terkait surat suara rusak, hingga saat ini tercatat ada 847 lembar surat suara pemilu DPRD provinsi, dan 1.687 lembar surat suara untuk DPRD kabupaten yang ditemukan rusak.

Jenis kerusakan terbanyak akibat noda tinta cetak, surat suara berlubang, hingga cetakan yang kurang jelas. 

Kegiatan sortir dan lipat surat suara dimulai sejak Senin (25/2).

Jumlah petugas sortir dan lipat sebanyak 150 orang yang dibagi di dua tempat, yakni gudang Kapasan Jember dan aula KPU Kudus.

Baca juga: Ribuan surat suara pemilu di Lampung Timur rusak
Baca juga: Surat suara Pemilu Presiden di Batam dihitung duluan
Baca juga: KPU Pati mulai sortir surat suara Pilpres 2019

Pewarta: Akhmad Nazaruddin
Editor: Tasrief Tarmizi
Copyright © ANTARA 2019