Petugas masih melakukan pendataan di lapangan
Padang Aro (ANTARA News) - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Solok Selatan, Sumatera Barat mengatakan hasil pendataan sementara ada 40 rumah di Kecamatan Sangir Balai Janggo rusak sedang hingga berat akibat dua gempa bumi tektonik yang mengguncang wilayah itu, Kamis.

"Info data sementara gempa Solok Selatan mengakibatkan rumah rusak sedang 36 unit dan rusak berat empat unit," kata Kalaksa BPBD Kabupaten itu Johny Hasan Basri, di Padang Aro, Kamis.

Untuk rumah warga yang banyak terdampak saat ini berada di Nagari Talunan Maju yaitu 30 unit rusak sedang dan Nagari Sungai Kunyit 10 unit dengan rusak sedang enam unit dan rusak berat empat.

Selain itu kata dia, korban jiwa yang sudah terdata sebanyak 11 orang luka ringan.

Untuk korban jiwa terbanyak di Sungai Kunyit dengan 10 orang dan Talunan satu orang dan sekarang sedang diberikan perawatan.

Dia mengatakan, tindakan sementara yang dilakukan yaitu pembukaan posko kesehatan di Sungai Kunyit serta TRC sedang melakukan assesment ke lapangan.

"Petugas masih melakukan pendataan di lapangan," ujarnya.

Menurut BMKG Padang Panjang pusat gempa bumi pertama bermagnitudo 4,8 berada di darat pada koordinat 1,59 Lintang Selatan dan 101.27 Bujur Timur, tepatnya 19 kilometer Barat Daya Kabupaten Solok Selatan, pada kedalaman 11 kilometer.

Gempabumi yang terjadi di kabupaten Solok Selatan ini, dengan memperhatikan lokasi episenter dan kedalaman hiposenter, merupakan jenis gempabumi tektonik kerak dangkal (shallow crustal earthquake) yang terjadi akibat aktivitas Zona Sesar Sumatera (Sumatera Fault Zone) tepatnya pada pertemuan segmen Suliti dan Siulak.

Sementara sesuai laporan dari masyarakan goncangan tersebut dirasakan di Solok Selatan berkisar II Skala Intensitas Gempabumi BMKG (SIG-BMKG) atau antara II-III MMI.

Sementara gempa susulan menurut BMKG memiliki kekuatan magnitudo 5,3. dengan episenter gempa bumi terletak pada koordinat 1,4 Lintang Selatan dan 101,53 Bujur Timur. Lokasi gempa tepatnya di darat pada jarak 36 kilometer arah timur laut Kota Padang Aro, Kabupaten Solok Selatan, Provinsi Sumatera Barat pada kedalaman 10 kilometer.

Baca juga: Solok Selatan kembali diguncang gempa magnitudo 5,6
 

Pewarta: Mario Sofia Nasution dan Erik IA
Editor: Arief Mujayatno
Copyright © ANTARA 2019