counter

Politeknik Negeri Sambas-Kalbar kirim 10 mahasiswa magang di jepang

Politeknik Negeri Sambas-Kalbar kirim 10 mahasiswa magang di jepang

Acara pelantikan dan serah terima jabatan Wakil Direktur Poltesa Sambas periode 2017-2021. (Sumber: poltesa.ac.id)

Tujuan dari mahasiswa yang akan magang di Jepang agar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan kualitas mahasiswa Poltesa
Pontianak, (ANTARA News) - Politeknik Negeri Sambas (Poltesa), Kalimantan Barat akan mengirim 10 mahasiswa dari Program Studi Manajemen Bisnis Pariwisata untuk magang di Jepang selama enam bulan yang ditempatkan di bidang perhotelan di sana.

"Adapun tujuan dari mahasiswa yang akan magang di Jepang agar mendapatkan pengetahuan dan pengalaman serta meningkatkan kualitas mahasiswa Poltesa. Dijadwalkan keberangkatan mahasiswa kami tersebut pada April 2019 mendatang," ujar Aan Sumantri , staf kerja sama Poltesa saat dihubungi di Sambas, Jumat.

Ia menjelaskan bahwa magangnya mahasiswa Poltesa di Jepang tidak terlepas dari kerja sama Poltesa dengan LPK Borneo Katulistiwa Raya di Pontianak yang berfokus pada pengiriman mahasiswa untuk magang di Jepang , Res Neo Koperative (Koperasi yang membawahi beberapa perusahaan) di Jepang.

"Kita membangun komunikasi melalui LPK Borneo Katulistiwa Raya dan sudah membuka kursus bahasa Jepang dan memberikan arahan tentang budaya-budaya Jepang," kata dia.

Ia mengatakan bahwa baru tahun ini Poltesa akan mengirim mahasiswa magang ke Jepang. Ke depan menurutnya diharapkan terus berlanjut.

"Proses magag di Jepang di mulai Desember 2018 lalu, Poltesa melakukan MOU dengan tiga perusahaan Jepang di Pontianak dan sekaligus mengetes kemampuan mahasiswa untuk magang di Jepang," kata dia.

Ia berharap dengan akan dikirimnya mahasiswa magang ke Jepang sebagai pembuka jalan untuk ke depannya.

"Semoga program magang di Jepang ini tidak ada halangannya dan mahasiswa mampu meningkatkan kapasitas yang melalui kerjasama dari dalam negeri maupun luar negeri," kata dia.

Poltesa yang beralamat di Jalan Sejangkung tersebut merupakan perguruan tinggi negeri pertama dan satu - satunya di Kabupaten Sambas. Kehadiran Poltesa tersebut untuk meningkatkan SDM masyarakat yang berbatasan darat langsung dengan negara Sarawak, Malaysia. Poltesa kini sudah menjadi satu di antara perguruan tinggi favorit di daerah itu.

Baca juga: 2.000 peserta magang dikirim ke Jepang setiap tahun

Baca juga: Lowongan magang ke Jepang kembali meningkat

Pewarta: Dedi
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Cara Kalbar menarik minat kaum muda ke museum

Komentar