Tapi masih banyak tanah hak milik yang belum bersetifikat. Masih ada 70 juta bidang tanah milik yang harus disertifikatkan
Gorontalo (ANTARA News)  - Presiden Joko Widodo menyebutkan meskipin gencar melaksanakan program sertifikasi tanah, namun hingga saat ini masih ada 70 juta bidang tanah/lahan milik yang belum bersertifikat. 

"Tapi masih banyak tanah hak milik yang belum bersetifikat. Masih ada 70 juta bidang tanah milik yang harus disertifikatkan," kata Jokowi saat penyerahan sertifikat tanah wakaf di Masjid Baiturrahman Kecamatan Limboto Kabupaten Gorontalo, Jumat. 

Presiden Jokowi tidak ingin banyak sengketa baik tanah hak milik maupin tanah wakaf sehingga ia memerintahkan Menteri ATR/Kepala BPN untuk segera menyelesaikan sertifikat baik tanah milik maupun wakaf agar bersertifikat. 

"Sudah ratusan ribu tanah wakaf yang kita serahkan dan sudah 12 juta sertifikat hak milik yang kita serahkan kepada masyarakat untuk mencegah terjadinya sengketa lahan atau tanah," katanya. 

Menurut dia,  sertifikat tanah termasuk tanah wakaf untuk masjid ponpes,  mushola, penting karena setiap dia masuk ke desa atau kampung di luar Jawa maupun di Jawa,  selalu yangbmasuk ke telinganya adalah sengketa lahan atau tanah.  

"Tidak hanya urusan hak milik pribadi tetapi juga tanah tanah wakaf  banyak yang menjadi sengketa," katanya. 

Ia mencontohkan di Jakarta,  ada masjis besar di tengah kota, sudah sekian tahun tidak ada masalah tetapi karena harga tanahnya di situ dulu murah sekarang Rp120 juta per meter persegi maka para ahli waris mulai mempermasalahkan.

"Karena masjid tidak punya sertifikat maka masalah menjadi berlarut larut," katanya. 

Ia menyebutkan hal serupa juga terjadi di Sumatera. Ada masjid besar bersengketa dengan ahli waris karena tanah wakafnya tidak disertifikatkan.

Sementara itu sertifikat tanah wakaf yang diserahkan di Provinsi Gorontalo antara lain untuk Masjid Darul Janah di Kota Gorontalo, Ponpes At Tanwir di Kota Gorontalo,  Masjid Ibnu Hamzah di Kota Gorontalo.

Selain itu Masjid Sabili Najah di Kabupaten Gorontalo,  Masjid Muhajirin di Kabuoaten Boalemo, dan Masjid Darussalam di Kabuoaten Pohuwato.

Baca juga: Di Cilacap, Jokowi bagikan 1.500 sertifikat tanah

Pewarta: Agus Salim
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019