Jakarta (ANTARA) - Atlet triatlon putri Indonesia Inge Prasetyo mengaku tidak menyiapkan target khusus terkait keikutsertaannya dalam ajang BCA Super League Triathlon Bali yang akan digelar pada 23-24 Maret 2019 di Ayodya Resort, Bali.

"Saya tidak ada target khusus. Saya ingin ikut saja, karena ini kan pertama kalinya digelar di Indonesia," kata Inge dalam konferensi pers BCA Super League Triathlon Bali di Hotel Atlet Century Park, Senayan, Jakarta, Jumat.

Dalam ajang pertandingan tersebut, dia mengaku ingin mencoba variasi lain dari olahraga triatlon, yaitu enduro triatlon yang lebih menguji daya tahan tubuh dibandingkan sprint triathlon tradisional.

"Justru saya malah penasaran sama yang namanya enduro triathlon. Katanya lebih berat dari sprint triathlon. Saya tidak tahu seperti apa itu, belum kebayang, makanya saya mau coba," ujar Inge.

Selain mencoba enduro triathlon, dia mengungkapkan keikutsertaannya dalam ajang tersebut adalah untuk memperkenalkan olah raga triatlon secara lebih luas kepada masyarakat di Indonesia.

"Disamping itu, saya juga punya keinginan untuk menunjukkan kepada masyararakat bahwa triatlon bukan olahraga untuk laku-laki saja, perempuan juga bisa melakukannya asalkan punya komitmen yang kuat," ungkap Inge.

Pada hari pertama BCA Super League Triathlon Bali, akan digelar lomba lari bertajuk BCA Super League Run dengan jarak yang bervariasi, yakni 2,5 kilometer, 5 kilometer dan 10 kilometer.

Pada hari kedua, akan digelar BCA Super League Age Group yang dibagi menjadi dua jenis, yaitu sprint triathlon dan enduro triathlon. Sprint triathlon terdiri dari berenang 500 meter - sepeda 20 km - lari 5 km. Sedangkan enduro triathlon terdiri dari berenang-sepeda-lari-berenang-sepeda-lari dengan masing-masing jarak berenang 250 meter, sepeda 10 km dan lari 2,5 km.

Biaya registrasi untuk mengikuti kegiatan tersebut bervariasi, tergantung kategori yang diinginkan oleh peserta. Untuk lomba lari, berkisar mulai Rp150.000 hingga Rp375.000. Untuk sprint triathlon berkisar dari Rp1.800.000 hingga Rp2.250.000, sedangkan enduro triathlon berkisar antara Rp2.250.000 hingga Rp3.300.000.

Selain itu, ada pula lomba lari untuk anak-anak berusia 3 hingga 14 tahun dengan biaya pendaftaran Rp150.000. Tersedia diskon khusus bagi para pemegang kartu kredit BCA dan pembayaran melalui BCA KlikPay untuk seluruh kategori. Pendaftaran dapat dilakukan melalui laman superleaguetriathlon.com.

Pewarta: Rr. Cornea Khairany
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2019